Perancangan Desain Kemasan Produk ”Spasso” Puding Susu

Wenny Tjokroamidjojo(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Adi Satria Kurniawan(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Susu merupakan sesuatu yang penting untuk tubuh manusia namun Indonesia memiliki rating terendah dalam mengkonsumsi susu. Namun ternyata susu dapat diolah tanpa mengubah nilai gizinya, salah satunya adalah diolah menjadi puding susu. Spasso merupakan merk yang menjual puding susu yang dibuat secara homemade. Spasso memiliki produk puding yang enak dan digemari oleh semua kalangan, namun kemasan Spasso terlalu sederhana, sehingga tidak memiliki brand identity dan kurang memiliki fungsi keamanan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk merancang kemasan bagi Spasso yang menarik, memenuhi fungsi – fungsi dalam kemasan terutama faktor keamanan, faktor estetika, faktor identitas. Dengan image fun, friendly, happy (menyenangkan), memberikan kebebasan konsumen dalam berkreasi, dapat dipercaya dan bonafide pada desain kemasan Spasso, hal itu dapat serta mencerminkan identitas produk dan dapat meningkatkan awareness masyarakat.


Keywords


puding susu, kemasan, desain, makanan, hidangan penutup

Full Text:

PDF

References


“Menyiasati Anak Tidak Suka Minum

Susu.” Sahabat Nestlé Indonesia. 2003. Diunduh 4 Januari 2014 dari https://www.sahabatnestle.co.id/Page/menu/chef/tips/menyiasati-anak-tidak-suka-minum-susu

“Pendapat 4 Ahli Seputar Manfaat Susu” Kompas. 4 Juli 2012 Diunduh 4 Januari 2014 dari http://health.kompas.com/read/2012/07/04/1003181/Pendapat.4.Ahli.Seputar.Manfaat.Susu

“Tak Suka Susu? Yuk Siasati Dengan Cara Ini Agar Tetap Cukup Kalsium” Detik Health. 2013. Diunduh 4 Januari 2014 dari http://health.detik.com/read/2013/10/18/155236/2389481/763/tak-suka-susu-yuk-siasati-dengan-cara-ini-agar-tetap-cukup-kalsium

“Strategi, Jenis/Macam Dan Pengertian Merek / Merk / Brand Produk Barang Dan

Jasa – Manajemen Pemasaran.” Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia. 2008 Diunduh 3 Maret 2014 dari http://organisasi.org/strategi-jenis-macam-dan-pengertian-merek-merk-brand-produk-barang-dan-jasa-manajemen-pemasaran

Wirya, Irwan. (1999). Kemasan Yang Menjual, Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.