PERANCANGAN REDESAIN KEMASAN KUE ”HS CAKE” DI SURABAYA

Jilly Tania Boedijanto(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Adi Satria Kurniawan(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


                                                                                                  

HS Cake yang menjual beragam jenis roti dan kue tradisional memiliki dua permasalahan, yakni kurangnya konsistensi visual kemasan dan bentuk kemasan yang kurang praktis dibawa. Oleh karena itu penulis tertarik untuk merancang desain kemasan HS Cake agar memiliki konsistensi visual dan bentuk kemasan yang lebih praktis untuk dibawa. Penulis menggunakan metode SWOT untuk mengetahui perbandingan produk dengan kompetitornya. Selain itu VIEW, juga digunakan untuk menganalisis kemasan. Dengan metode VIEW  ini akan tampak kelemahan dan kelebihan dari sebuah kemasan. Solusi yang diterapkan adalah menggunakan gaya desain tradisional pada kemasan karena produk yang dijual merupakan kue tradisional. Konsistensi desain visual diaplikasikan pada setiap kemasannya sehingga terbentuk sebuah ciri khas, serta untuk solusi bentuk pada kemasan didesain dengan bentukan yang mudah untuk dipegang seperti kemasan fingerfood yang memudahkan targetnya, serta sistem buka tutup dengan cara mengkait. Diharapkan dengan adanya perancangan redesain kemasan ini dapat membawa dampak positif pada target market maupun terhadap HS Cake sendiri.


Keywords


Perancangan, Kemasan, Kue tradisional, dan Surabaya

Full Text:

PDF

References


Anggraini, C. “Pembabakan Masa Prasejarah berdasarkan”. Agustus 2012. 11 April 2014.

.

“Mengenal Fungsi Kemasan.” Departemen Kehutanan. 2012. 11 April 2014. .

“Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli.” Pengertianahli . November 2013. 11 April 2014. .

Azusfe. “Sekilas Manajemen Pemasaran.” November 2010. 11 April 2014. .

“Prinsip- prinsip Desain Tipografi”. 2013. 23 April 2014. .

Klimchuk, Marianne Rosner dan Sandra A. Krasovec. Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga, 2006.

Meliala, Dedy. “Pengertian dan Tujuan Promosi”. November 2012. 25 April 2014. .

Harminingtyas, Rudika. “Analisis Fungsi Kemasan Produk Melalui Model VIEW dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Rokok Kretek Merek Dji Sam Soe di Kota Semarang.” Jurnal STIE Semarang 5.2 (Juni 2013):1-18. 25 April 2014. .

Wirya, Iwan. Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT gramedia Pustaka Utama, 1999.

“Sejarah Kemasan”. Januari 2013. 25 April 2014. .

“Data Skunder dan Data Primer”. Juni 2009. 25 April 2014. .

Nova. “Sejarah Perkembangan Teknik Kemasan”. November 2013. 25 April 2014. .

W.,Rahat. “Pengenalan Packaging Produk”. Mei 2010. 25 April 2014. .

Ratumefi. “Segmentasi Pasar dan Analisa Demografi”. Oktober 2013. 25 April 2014. .

Sarutobi, Rdiyan. “Data Primer Data Skunder Skripsi”. 2010. 25 April 2014.

rdiyansarutobi.blogspot.com/2010/10/data-primer-data-sekunder-skripsi.html

“Desain Kemasan”. 27 Januari 2008. 25 April 2014. .

Zulsae. “Analisis Brand Image dan Kemasan Produk”. Oktober 2013. 25 April 2014. .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.