PERANCANGAN DESAIN KEMASAN CAMILAN”BIPANG JANGKAR”

Denise Nathania Tjandra Sumarno(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Adi Satria Kurniawan(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bipang Jangkar adalah makanan ringan tradisional khas Pasuruan yang telah eksis sejak zaman penjajahan Jepang. Bipang Jangkar sebagai merek bipang yang paling dikenal oleh masyarakat, memiliki potensi besar dalam melestarikan makanan bipang yang memiliki nilai-nilai historis yang jarang diketahui orang. Meski demikian, produk-produk Bipang Jangkar tersebut tidak memiliki identitas visual yang konsisten. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan ketidakpercayaan dari pihak konsumen maupun distributor kepada Bipang Jangkar. Untuk itu diperlukan adanya perancangan desain kemasan dengan identitas visual yang jelas dan konsisten bagi produk-produk Bipang Jangkar ini. Berdasarkan hal tersebut, dibuatlah konsep yang memfokuskan pada Bipang Jangkar sebagai oleh-oleh khas Pasuruan yang memiliki nilai memorable. Dalam perancangan desain kemasan ini, metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif dan teknik analisa data yang digunakan adalah VIEW (Visibility, Information, Emotional Appeal, Workability).


Keywords


Perancangan, Kemasan, Pasuruan, Bipang, Jangkar.

Full Text:

PDF

References


Clifton, Rita and John Simmons. (2003) Brands and Branding. London: Profile Books.

Klimchuk, Marianne Rosner and Sandra A. Krasovec.(2007). Desain Kemasan.Trans. Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

PT Jangkar Food.“Produk Kami”. (2008). Bipang Jangkar Oleh-Oleh Khas Pasuruan dan Jawa Timur. Diunduh 22 Feb. 2014 dari http://bipangjangkar.com/

PT Jangkar Food. “Hubungi Kami”. (2008). Bipang Jangkar Oleh-Oleh Khas Pasuruan dan Jawa Timur. Diunduh 22 Feb. 2014 dari http://bipangjangkar.com/

Shimp, Terence and J. Craig Andrews. (2013). Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. United States of America: South-Western.

Wheeler, Alina.(2003). Designing Brand Identity: A Complete Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. New Jersey: John Wiley & Sons.

Wirya, Iwan. (1999). Kemasan yang Menjual: Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.