Perancangan Fotografi Esai Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Naga di Tengah Peradaban Modern

Irda Melia(1*), Hartono Karnadi(2), Yusuf Hendra Yulianto(3),


(1) UK PETRA
(2) ISI YOGYAKARTA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Kampung Naga yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, adalah kampung kecil yang dikenal unik karena sikap hidup dan tradisi mereka yang masih bertahan dari dulu hingga sekarang, yaitu menghormati dan menyatu dengan alam, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral. Kemudian seiring dengan perkembangan zaman, prinsip-prinsip tersebut mulai bergeser, terutama karena masuknya teknologi dan modernisasi. Orang-orang jika tidak melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana kehidupan masyarakat Kampung Naga, akan dengan mudah mengira bahwa prinsip-prinsip tersebut telah pudar. Perancangan buku fotografi ini dibuat sebagai suatu upaya untuk memaparkan kehidupan masyarakat Kampung Naga yang sebenarnya agar masyarakat umum tidak salah paham, serta untuk memberikan informasi bahwa kehidupan modern dan tradisional bisa berjalan dengan seimbang.

Keywords


Kampung Naga, Fotografi Esai, Kearifan Lokal, Modernisasi.

Full Text:

PDF

References


Allikas, Greg. “The Private Life of Gwyned Filling.” Graphic Greg. 2014. Diunduh 1 Maret 2014 dari http://graphicgreg.com/PhotoEssay/GwynedFilling/content/

Asdhiana, I Made. “Mengunjungi dan Mempelajari Budaya Kampung Naga.” Kompas Cyber Media. 2013, September 18. Diunduh 1 Oktober 2013 dari http://travel.kompas.com/read/2013/09/18/0812396/Mengunjungi.dan.Mempelajari.Budaya.Kampung.Naga.

Dwiyanto, Pieter. Perancangan Fotografi Dokumenter Kehidupan Masyarakat Samin. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2006.

Heiferman, Marvin, ed. Photography Changes Everything. New York: Aperture Foundation, 2012.

Ojok. Live Interview. February 3, 2014.

Setiadi, Elly M., Kama A. Hakam, Ridwan Effendi. Ilmu Sosial Budaya Dasar Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Kencana, Panamedia Group, 2013.

Surya, Rama. Yang Kuat Yang Kalah. Jakarta: PT Gramedia, 1996.

Wells, Liz, ed. Photography: A Critical Introduction. Abingdon: Routledge, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.