Perancangan Kampanye Sosial ”Belajar Kelola Uang”

Putu Mahendra Wijaya(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan Kampanye Sosial ini menjawab permasalahan keuangan yang berada di remaja dengan cara mengenalkan cara mengelola uang yang telah disesuaikan porsinya agar dapat dengan mudah di aplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dihadapi remaja saat ini adalah mereka tak mengenal cara untuk mengelola uang mereka dengan baik, ditambah dengan godaan konsumerisme di luar sana yang memperburuk keadaan. Diperlukan pihak dan gerakan yang dapat merangkul dan menunjukkan pemecahan atas godaan konsumerisme terhadap kalangan remaja. Hal ini diwujudkan dengan diadakannya kampanye sosial terintegrasi yang menyiarkan pengetahuan pengelolaan uang sekaligus memotivasi dan menghibur. Dengan cara tersebut diharapkan remaja sebagai target audiens selalu ingat dan dapat menerapkan pengetahuan pengelolaan uang dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Kampanye Sosial, Mengelola Uang, Uang, Remaja, Manajemen Keuangan

Full Text:

PDF

References


Budisantoso, Indarto dan Gunarto. (2010). Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga. Jakarta: Gramedia.

Copley, Paul. (2004). Marketing Communications Management. New York: Butterworth-Heinemann

L. Giltman. (2004). Principle of Finance. New Jersey: Prectice Hall.

Jangan Salahkan Anak Kalau Konsumtif (2008). Diunduh 19 Februari 2014, dari http://nasional.kompas.com/read/2008/12/29/07542543

Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Lambangsarib. (2012). Mengenalkan Fungsi Uang Pada Anak, Antara Fungsi Berbagi dan Fungsi Investasi. Diunduh 20 Februari 2014 dari http://lambangsarib.wordpress.com/2012/11/02/mengenalkan-fungsi-uang-pada-anak-antara-fungsi-berbagi-dan-fungsi-investasi

M. Fuad . (2000). Pengantar bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Majalah Gontor. (2013) Rumah Cerdas Finansial Kak Seto. Diunduh pada 20 Februari 2014 dari http://www.majalahgontor.net/rumah-cerdas-finansial-kak-seto

Melly. (2013). Kampanye Perubahan Sosial. Diunduh pada 14 Februari 2014 dari http://maskesehatan.blogspot.com

Okezone (2013). Perilaku Konsumerisme Anak Menjadi Benih Koruptor. Diunduh pada 19 Februari 2014 dari http://news.okezone.com/

read/2013/12/23/339/916195/perilaku-konsumerisme-anak-menjadi-benih-koruptor /

Ridwan Sundjaja.,Inge Barlian.(2003). Manajemen Keuangan 2 Edisi Keempat.Yogyakarta:BPFE.

Sarlito Wirawan Sarwono. (2006) Psikologi Remaja. Jakarta : Rajawali Pers.

Sartono.(2009). Manajemen Keuangan: Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Seto, Lutfi Trizki. (2012). Financial Parenting. Jakarta : Noura Books.

Tarigan. Robinso. (2001) Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Venus, A. (2004) Manajemen kampanye, panduan teoritis dan praktis dalam emngefektifkan kampanye komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.