PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL 82 TAHUN PT. JAMU INDONESIA SIMONA SEMARANG

Marsha Renita Prayogo(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan komunikasi visual ini menjawab permasalahan dari PT. Jamu Indonesia Simona dengan cara branding PT. Jamu Indonesia Simona yang akan memasuki usia 82 tahun, sekaligus sebagai promosi atas PT. Jamu Indonesia Simona. Permasalahan yang dihadapi saat ini oleh PT. Jamu Simona Indonesia adalah banyaknya perusahaan-perusahaan yang ada di Semarang yang lebih banyak melakukan promosi. Hal ini menyebabkan tergesernya brand Simona dibenak masyarakat, sehingga diperlukan adanya strategi promosi yang tepat untuk dapat meningkatkan awarness konsumen tentang PT. Jamu Indonesia Simona, yang dewasa, kuat serta berpengalaman di bidang jamu kecantikan. Hal ini diwujudkan dari logo yang dibuat, serta aplikasi-aplikasi logo pada media-media promosi yang lainnya. Selain media promosi, juga dibuat media-media yang dikhususkan untuk para rekan bisnis. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan kerja yang telah terjalin, atau bahkan menjalin hubungan kerja yang baru, sehingga dapat melancarkan laju distribusi produk dari PT. Jamu Indonesia Simona ke konsumen.


Keywords


Komunikasi Visual, Strategi Promosi, PT. Jamu Indonesia Simona, ulang tahun.

Full Text:

PDF

References


Belch, George E., & Michael. (2003)Advertising and Promotion : Sixth Edition. The McGraw-Hills Companies.

Cenadi, Christine S. (1999).Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1(1), 1-11.

Hasan, Alwi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: P.N Balai Pustaka.

McMillan, J. H., & Schumaker, S. (2001)Research in Education: A Conceptual Introduction. New York: Longman.

Pujirianto. (2005)Desain Grafis Komputer. Yogyakarta: Andi.

Putro, Widodo. Wawancara pribadi.6 Februari 2014

Randall, Geofrey. (2001)The Art of Marketing : Branding, Vol.7. India : Crest Publishing House.

Ries, Al and Laura Ries. (1999).22 Immutable Laws of Branding : Strategi Membangun Produk atau Jasa Menjadi Merk Berkelas Dunia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suara Merdeka. (2010).Pertumbuhan Kinerja Jamu Simona Hanya 10%. Diunduh 17 Oktober 2013 dari http://www.suaramerdeka.com/v2/index.php/read/cetak/2010/05/14/109314/Pertumbuhan-Kinerja-Jamu-Simona-Hanya-10-

Tarigan, Hermanta. (2013, April 26).Analisa SWOT – TOWS. Pesan disampaikan dalam http://hermantatarigan.blogspot.com/2013/04/analisa-swot-tows.html

Tjahyono, Andy. (1999)Analisis Strategi Pemasaran PT. Jamu Indonesia Simona Di Dalam Menghadapi Persaingan. Skripsi. Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM R. (2013, Oktober 17). Definisi Obat Tradisional, Jamu, Obat Herbal Terstandar, Fitofarmaka dan Sediaan Galenik. Pesan disampaikan dalam http://ulpk.pom.go.id/

Wheeler, Alina. (2009).Designing Brand Identity 3rd Edition : an essential guide for the entire branding team. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.