Stereotip Gender pada Iklan Kecap Sedaap Versi “ Ayahku Jago Masak”

Kristina Inneke Sanjaya(1*),


(1) UK. Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini, iklan televisi adalah suatu media promosi yang sangat efektif dalam penyampaian pesan dan menarik minat bagi orang yang melihatnya. Ternyata dalam iklan televisi bukan hanya mempromosikan suatu produk barang atau jasa, melainkan pada iklan terdapat pemahaman ideologi tertentu. Seperti yang terlihat dalam iklan kecap Sedaap versi “Ayahku Jago Masak”. Tujuan penelitian ini adalah melihat adanya proses stereotip gender beroperasi pada iklan kecap Sedaap versi “Ayahku Jago Masak”. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, serta metode yang digunakan adalah metode semiotika menurut John Fiske, karena dalam semiotika menurut Fiske terdapat beberapa tahapan untuk penelitian dan menggunakan teori Marxism sebagai teori penunjang dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa di dalam iklan ini tidak ada isu gender yang terkait dari teori Marxis.

Keywords


Iklan kecap Sedaap “Ayahku Jago Masak”.

References


Clarke, Richard. (1983). Marxist Feminism. Retrieved May 25, 2014 from en.wikipedia.org/wiki/Open_Marxism. Fakih, Mansour. (1996). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Cetakan pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Fiske, John. (1990). Cultural and Communication Studies. Sebuah Pengantar Paling Komprehesif. Edisi ke dua. Yogyakarta: Jalasutra. Fiske, John. (1982). Introduction to Communication Studies Edisi ke dua. London and New York: Routledge.

Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi ketiga. Jakarta: Rajawali Pers. Hollows, Joanne. (2000). Feminin, Femininitas dan Budaya Populer. Yogyakarta : Jalasutra. Ibrahim, Marwah Daud. (1997). Citra Perempuan pada media Sekploitasi dan SensasiSadistik. Lifestyle ecstasy. Edisi pertama. Yogyakarta: Jalasutra. Informasi Portal Negriku. Melihat Kepribadian dari Warna Baju Favoritmu. (2014). Retrieved May 5, 2014 from http://www.beritaunil.net/tips-trik/melihat-kepribadian-dari-warna-baju-favoritmu.html Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen periklanan : konsep dan aplikasinya di Indonesia Jakarta: Grafiti Medika Pers Mulyana, Deddy.(1999). Nuansa – Nuansa Komunikasi: Meneropong Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontenporer. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Muriati, P Nunuk. (2004). Getar Gender: Perempuan Indonesia dalam Prespektif Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum, HAM. Magelang: Yayasan Indonesia Tera Anggota IKAPI. Nugroho Adi, Tri. Makna Dibalik Shot. (2011). Retrieved May 5, 2014 from http://sinaukomunikasi.wordpress.com/2011/10/17/makna-dibalik-shot/ Partini. (2013). Bias Gender dalam Birokrasi .Edisi kedua, cetakan pertama.Yogyakarta: Tiara Wacana. Pipit. (2008). Arti Simbolik Cincin. Retrivied May 5, 2014. from http://kabarinews.com/arti-simbolik-cincin/31880 Piliang, Yasraf Amir. (2012). Semiotika dan Hipersemiotika: Kode Gaya dan Matinya Makna. Edisi keempat. Bandung : Matahari. Ritzer, George dan Douglas J . Goodman. (2001). Teori Sosiologi Modern. Edisi keenam. Jakarta: Prenada. MediaRMOL, (Rakyat Merdeka Online). Foto Syahrini: Syahrini cuek dihujat orang. (2012). Retrivied May 5, 2014 from http:..m.rmolco/news.php?id=89718 Rueda, Marisa., Marta, Rodriguez, dan Susan, Alice Watkins. (2007). Feminin Untuk Pemula” .Yogyakarta : Resist book. Santoso, Widjajanti.M. (2011). “Sosiologi Feminisme” Kontruksi Perempuan dalam Industri Media. Yogyakarta :LKiS Yogyakarta. SemanggiNet. Masako: Iklan Masako. (2005). Retrivied May 5, 2014 from http://tvconair.com/view_ad.php?id=12020097 Simanjuntak, Hakim. Sanitasi Ruang Pengolahan Makanan. (2012). Retrivied May 5, 2014 from Http://contohdanfungsi.blogspot.com/2012/11/sanitasi-ruangan-pengolahan-makanan.html?m=1 Srinati, Dominic. (2003). Popular Culture. Pengantar Menuju Budaya Populer. Yogyakarta: Bentang. Budaya Jaya.

Arti Penempatan Jam Tangan. (2012). Retrivied May 5, 2014 from http://promogratis.web.id/busana/jam-tangan/156-karakteristik-manusian-berdasarkan-jam-tangan.html Nurfalah, Irsan. Representasi Perempuan Dalam Iklan. (2013). Retrivied May 5, 2014 from Http://prezi.com/_oppOoslwian/Representasi-Perempuan-Dalam-Iklan. Wicaksono, Digantara. Sosok Perempuan di Media. (2010). Universitas Negri Jakarta. Retrivied May 5, 2014 from Http://kiteklik.blogspot.com/2010/07/sosok-perempuan-di-media.html?m=1 Widyaaryani Wulan, Siti. Ruang Personality. (2011). Retrivied May 5, 2014 from http://sitiwulanwidyaaryani.blogspot.com/2011/03/minggu-ke-8-ruang-personal.html?m=1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.