PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK TIE DYE DAN KAIN TRADISIONAL MALUKU GUNA MELESTARIKAN KEBUDAYAAN DAERAH

Felton Rivaldo Sandyego Dumalang(1*), Maria Nala Damajanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebutuhan fashion tiap orang selalu berubah seiring berkembangnya zaman. Pengaruh teknologi seperti sosial media, tv, dan internet juga memudahkan orang-orang dalam mendapatkan informasi-informasi akan perkembangan fashion, salah satunya adalah produk tie dye yang sedang trend di jaman sekarang. Disisi lain kain-kain tradisional semakin terlupakan di kalangan anak muda Indonesia karena dianggap kuno dan sudah ketinggalan zaman. Salah satunya adalah kain tradisional asal Maluku yaitu tenun Tanimbar. Perancangan ini bertujuan sebagai media promosi dari produk Culture Reworked untuk anak muda di Ambon. Dengan berdasarkan fokus utama dalam perancangan yaitu agar anak muda dapat lebih sadar untuk melestarikan budaya daerah terkhususnya di Kota Ambon sehingga tidak terlupakan seiring perkembangan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitif dan untuk proses pengumpulan data dengan studi literatur, observasi, dan wawancara. Hasil dari perancangan ini menunjukan bahwa kalangan anak muda di Kota Ambon ingin turut serta dalam melestarikan budaya yang ada karena mereka telah menyadari bahwa kebudayaan lokal yang dimiliki memiliki potensi untuk dikembangkan dalam industri fashion.


Keywords


Media promosi; Melestarikan Budaya

Full Text:

PDF

References


Angelina, M. S., & Triputra, P. (2015). Analisis semiotik fashion Ines Ariani sebagai bentuk presentasi diri. Jurnal Komunikasi, 15.

Duan, R. R., Kalangi, J. A., & Walangitan, O. (2019). Pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian motor yamaha mio pada PT. hasjrat abadi tobelo. Jurnal Admiistrasi Bisnis, 9.

Kompasiana. (2015, Desember 30). Budaya pela gandong sebagai bingkai pemersatu. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/ivan79/56837bad917a619007ae5960/budaya-pela-gandong-sebagai-bingkai-pemersatu?page=all

Marcelina, Y. (2020). Kenal lebih dekat dengan tren fashion thrift di Indonesia. Retrieved from Beritabaik.id: https://beritabaik.id/read?editorialSlug=gaya-hidup&slug=1578989331991-kenal-lebih-dekat-dengan-tren-fashion-thrift-di-indonesia

Pasha, A. C. (2019, Maret 15). Jenis-Jenis Fotografi Paling Populer yang Wajib Diketahui Pemula. Retrieved from Liputan 6: https://www.liputan6.com/tekno/read/3917679/jenis-jenis-fotografi-paling-populer-yang-wajib-diketahui-pemula

Pendidikan, D. ( 2021, April 5). Pengertian Kampanye : Sejarah, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh. Retrieved from Dosen Pendidikan : https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-kampanye/

Pendidikan, D. (2021, 05 27). Apa itu fashion. Retrieved from Dunia Pendidikan: https://duniapendidikan.co.id/apa-itu-fashion/

Supriyanto, M. A. (2016, Mei 15). Budaya indonesia menghilang seiring waktu. Retrieved from Tribunners: https://www.tribunnews.com/tribunners/2016/05/15/budaya-indonesia-menghilang-seiring-waktu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.