MEMPERKENALKAN KAUM MUDA GEREJA KATOLIK PATI DENGAN BUDAYA GAMELAN

Laura Antonietta Pribadi, Bernadette Dian Arini Maer

Abstract


Gamelan adalah salah satu warisan budaya di bidang musik untuk generasi muda saat ini. Di Pati sendiri ada beberapa tempat pelatihan menabuh gamelan, tetapi kebanyakan pemain sudah berumur dan membutuhkan penerus. Lalu ditemukan peralatan gamelan yang disimpan begitu saja oleh bruderan MTB Pati. Melihat hal tersebut, daripada disimpan begitu saja, lebih baik digunakan oleh kaum muda dengan pendekatan ke komunitas Orang Muda Katolik Pati. Teman – teman dari komunitas ini sudah dapat memainkan musik modern seperti band maka dari itu mereka juga ingin dapat memainkan alat musik tradisional satu ini. Pelatihan dimulai tahun 2020 dengan hasil pembuktian pertama yaitu mereka mengiringi lagu–lagu yang dinyanyikan saat misa tutup tahun 2020. Melihat komunitas sudah bisa mengiringi beberapa lagu, maka ingin menginspirasi dan mengajak pemuda lain dengan membuat video klip berisi performa mereka yang memainkan gamelan. Memilih membuat video klip karena dengan adanya video, orang – orang dapat melihat mereka memainkan alat musik tersebut sambil mendengarkan lagunya. Juga untuk menujukkan bahwa gamelan itu tidak hanya dapat digunakan untuk mengiringi upacara adat maupun perwayangan tetapi juga dapat untuk cover lagu lainnya. Harapannya setelah melihat dan mendengarkan video klip ini, pemuda yang lain dapat terinspirasi untuk mengikuti pelatihan gamelan.

Keywords


Kaum muda; gamelan; video klip

Full Text:

PDF

References


Abid, Mas’ud. (2019, May). Menumbuhkan Minat Generasi Muda untuk Mempelajari Musik Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 03 Mei 2019, (pp. 428-436).

Alat Musik Gamelan. (n.d). https://duniapendidikan.co.id/gamelan/

Iswara, Noor Hidyat. (2017). Dinamika Kesenian Gamelan pada Fungsi dan Pelestarian Kesenian Gamelan dalam Sanggar Singhasari di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Departemen Antropologi, FISIP, Universitas Airlangga.

Video (Def. 1., Def. 2) (n.d.). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved from https://kbbi.web.id/video, 22 April 2021

Videoklip (Def. 1) (n.d.). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved from https://kbbi.web.id/videoklip, 22 April 2021

Wandi, Ir. (n.d.). https://www.kompasiana.com/

Widhyharto, Derajad. S. (2014, September). Kebangkitan Kaum Muda dan Media Baru. Jurnal Studi Pemuda/Vol.3, No. 2, (pp. 141-146).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.