LEAP PROGRAM COMMUNITY ENGAGEMENT PEMBUATAN VIDEO PROMOSI SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOPI ARABIKA KHAS DAERAH KOYA MINAHASA

Juan Johanes Rumimpunu, Merry Sylvia

Abstract


Kopi Arabika Koya yang berasal dari Desa Koya di Tondano Selatan, Minahasa merupakan komoditas yang baru ada sejak 2010. Kopi Arabika ini memiliki potensi yang tinggi untuk bersaing melawan kopi lokal dari daerah lain di Indonesia tetapi belum banyak yang mengetahuinya karena kurangnya usaha untuk mempromosikan komoditas ini ke masyarakat luas. Maka dari itu, dilakukan usaha mempromosikan kopi lokal ini melalui media video promosi karena tingginya angka masyarakat Indonesia yang lebih menyukai mengkonsumsi informasi melalui audio visual. Video promosi pun dibagi menjadi tiga bagian sehingga membentuk seri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari seri video promosi ini adalah meningkatnya pemaparan masyarakat akan komoditas kopi Arabika Minahasa dan banyaknya masyarakat yang jadi penasaran akan kopi lokal ini.


Keywords


kopi lokal; kopi arabika Koya; Minahasa; video promosi

Full Text:

PDF

References


Brata, B. T. (2007). Videografi dan sinematografi

praktis. PT. Elex Media Komputindo.

Dharmesta, B. S., & Irawan. (2008). Manajemen

pemasaran modern. Liberty. Yogyakarta.

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. (n.d.).

Apakah indikasi geografis itu.

https://dgip.go.id/menu-utama/indikasi-geografis/pengenalan

Efendy, Heru. (2009). Mari membuat film: Panduan

menjadi produser. Erlangga. Jakarta.

Kamus Kopi Indonesia [@kamuskopiindonesia].

(2021, January 30).

Mengulas Arabika "manusia air." Kamus Kopi menerima sebuah paket kopi dari Sulawesi Utara. Setelah mengulas robusta Modayag Menado pada tanggal 22 Des 2020, sekarang Kamus Kopi Mengulas Koya Arabika Minahasa. [Photograph] Instagram.

https://www.instagram.com/p/CKpxe2CJct7/

Katadata.co.id. Youtube, medsos no. 1 di Indonesia.

https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5e9a55212afab/youtube-medsos-no-1-di-indonesia

Surachman. 2008. Dasar-dasar manajemen merek

(Alat pemasaran untuk memenangkan persaingan). Bayumedia Publishing. Malang.

Suyanto, M. (2005). Multimedia “Alat untuk

meningkatkan keunggulan bersaing”. Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.