PENGEMBANGAN SISTEM PENINGKATAN BRANDING DENGAN STUDI KASUS UMKM ERWE 06 SIWALANKERTO

Kezia Christyfani Fakoniko(1*), Bernadette Maer(2),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 mengharuskan segala kegiatan dilakukan dari rumah dan melalui daring. UMKM binaan erwe06swk mengalami kesulitan dalam penjualan dan pemasaran produk. Tak hanya UMKM binaan erwe06swk yang mengalami kesulitan, mahasiswa desain juga mengalami kesulitan dalam pembelajaran dengan studi kasus nyata. Oleh sebab itu, mempertemukan kedua belah pihak dengan menciptakan sebuah sistem dan wadah melalui branding dan inovasi produk dilakukan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi brand, guna menciptakan wadah kolaborasi dengan branding yang sesuai dengan target audience.


Keywords


Komunitas; Branding; Desainer; UMKM

Full Text:

PDF

References


Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. (2018). Sensus Ekonomi 2016 Dan Sutas 2018. http://diskopukm.jatimprov.go.id/info/data-ukm

erwe06swk. (2020). beranda erwe06swk [Gambar]. https://erwe06swk.com/beranda/

erwe06swk. (2020). Logo erwe06swk [Gambar]. https://erwe06swk.com/beranda/

Ghodeswar, B. M. (2008). Building brand identity in competitive markets: A conceptual model. Journal of Product & Brand Management, 17(1), 4–12. https://doi.org/10.1108/10610420810856468

Knapp, D. E., & Hart, C. W. (2000). The Brand Mindset: Five Essential Strategies for Building Brand Advantage Throughout Your Company. McGraw-Hill Education.

Kotler, P. T., & Keller, K. L. (2011). Marketing Management (14th Edition) (14th ed.). Pearson.

Maer, B.D.A & Muljosumarto, C. (2020). Branding. [Class Handout]. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Petra.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-124.

Weilbacher, W. M., & Rothenberg, R. (1993). Brand Marketing. Adfo Books.

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team (3rd ed.). Wiley.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.