LEAP COMMUNITY ENGAGEMENT PEMBERDAYAAN KOMUNITAS GAMBAR MELALUI KEGIATAN PAMERAN KARYA ONLINE BERBASIS EKONOMI KREATIF

Yosafat Agung Satria Respati, Heru Dwi Waluyanto

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan problem yang dirasakan oleh para komunitas dan juga pelaku kreatif yang terkena dampak COVID-19. Komunitas yang diberdayakan adalah komunitas gambar garis kelas dimana mereka kebingungan untuk melanjutkan karya mereka ke jenjang berikutnya dan masih belum yakin dengan karya mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan pemberdayaan komunitas yang berbasis ekonomi kreatif dan Untuk mengetahui cara mengembangkan  kreativitas dalam berkarya agar bernilai ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan pemberdayaan melalui sosialisasi berbasis online karena komunitas ini juga berbasis online dan untuk hasil karya mereka diadakan sebuah pameran online untuk menunjang karya dan nama dari komunitas. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pameran online berbasis ekonomi kreatif berhasil membawa para anggota komunitas ke jenjang berikutnya.


Keywords


pemberdayaan;komunitas;pameran online

Full Text:

PDF

References


Ambar, K. (2014). Retrieved from Peran Komunitas dalam Interaksi Sosial Remaja di Komunitas Angklung Yogyakarta: https://eprints.uny.ac.id/12758/1/Skripsi_PDF.pdf h. 9

Budiyanto, H. T. (2020). Virtual Expo Menggunakan Panggung sebagai Solusi Pameran Online di Masa Pandemi COVID-19. Abdimas: Jurnal Pengabdian, 202-208.

Herlina, C. S. (2018). Media Sosial Sebagai Sarana Pemeran Karya Seni Rupa “kekinian”.

Hermawan, A. R. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI DI DESA SUNGAI LANGKA KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. ii.

Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London: Penguin Press.

Irwandi, E. d. (2018). Pemberdayaan Komunitas Kreatif di Kelurahan Pakulonan Barat Kecamatan Pondok Aren Kabupaten Tangerang.

Kertajaya, H. (2008). Arti Komunitas. Gramedia Pustaka.

noor, M. (2011). Pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ilmiah Civis volume 1, 88.

Rachmawati, A. R. (2020, juni 29). 3. Retrieved from www.pikiran-rakyat.com: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01580283/98-persen-pelaku-industri-kreatif-terdampak-pandemi-covid-19

Rivali, A. E. (2020). INTELEKTUALITAS DAN KREATIVITAS DESAINER SEBAGAI . SEMINAR NASIONAL ENVISI 2020 : INDUSTRI KREATIF, 2-4.

Slamet Santosa, W. (2006). Dinamika kelompok / Slamet Santosa. jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.