PROGRAM COMMUNITY ENGAGEMENT PERANCANGAN PRODUK KERAJINAN CLAY DENGAN MEMBERDAYAKAN ANAK USIA REMAJA DI RUMAH ANAK PONDOK HAYAT SURABAYA

Anastasya Olivia Santoso(1*), Heru Dwi Waluyanto(2),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Akibat pandemi COVID-19, banyak kegiatan di Yayasan Pondok Hayat yang terhenti seketika. Berkurangnya pertemuan tatap muka mengakibatkan menurunnya angka adopsi, menurunnya himpunan donasi, serta berkurangnya aktivitas anak-anak yang bersentuhan dengan dunia luar. Perancangan produk kerajinan clay dengan memberdayakan anak usia remaja di Rumah Anak Pondok Hayat ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masing-masing anak untuk memperdengarkan kisah mereka kepada khalayak ramai. Melalui rangkaian kegiatan pelatihan materi seni dan pameran karya bertemakan “angan-angan”, anak-anak Rumah Anak Pondok Hayat diajak untuk mengutarakan perasaan dan cerita mereka melalui karya. Kegiatan pameran karya diharapkan mampu memotivasi mereka untuk menggapai mimpi mereka dengan menyaksikan langsung bahwa ada orang-orang yang tergerak hatinya untuk mendukung harapan masa depan mereka.


Keywords


Panti asuhan; pelatihan seni; pameran karya; pemberdayaan; Rumah Anak Pondok Hayat

Full Text:

PDF

References


Fakhruddin, M. (2020). Ideas: Penghimpunan Donasi Lembaga Filantropi Menurun. Republika Online. https://republika.co.id/berita/qagqq5327/ideas-penghimpunan-donasi-lembaga-filantropi-menurun. Diakses tanggal 17 Juni 2021.

Hartika, U. D. (2021). Sebab Ekonomi Menurun Dan Dampaknya Di Masa Pandemi. kumparan. https://kumparan.com/ugieduih/sebab-ekonomi-menurun-dan-dampaknya-di-masa-pandemi-1uvmUC2SszR/full. Diakses pada 20 Juni 2021.

Kahn, V 1996, ‘Shaping up with clay therapy’, Teaching Exceptional Children, Vol 28, pp 73–4.

Suryani, N. (2011). Penerapan media pembelajaran keterampilan paper clay dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang (Study Eksperimen single subject research terhadap siswa kelas V SDLB Pambudi Dharma 1 Cimahi). Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.