PERANCANGAN KONSEP KONTEN VISUAL BETA BATIK DI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS DAN ENGAGEMENT

Stephanie Samantha Gunawan(1*), Rika Febriani(2), Deddi Duto Hartanto(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu usaha/bisnis yang memanfaatkan fitur Instagram berupa Instagram Ads dan Business Tool adalah Beta Batik. Beta Batik ada untuk memenuhi kebutuhan self esteem dan lifestyle konsumen yang merupakan masyarakat dengan status ekonomi menengah ke atas yang gaya hidupnya harus dipenuhi. Pada awal Maret 2021, data perkembangan pada akun Beta Batik masih terbilang rendah dan belum memenuhi target yang diharapkan oleh pemiliknya. Salah satu yang bisa diperbaiki untuk meningkatkan engagement dari akun Instagram-nya adalah dengan membuat konten yang sesuai agar menaikan awareness-nya. Permasalahan dapat terjadi karena konten yang disajikan kurang memiliki nilai jual kepada target audience-nya. Rumusan masalah perancangan ini adalah bagaimana cara merancang konsep konten visual Beta Batik di Instagram dengan menerapkan praktik selama internship untuk meningkatkan brand awareness dan engagement. Metode analisa yang digunakan adalah perancangan kualitatif, menggunakan analisa data yang dideskripsikan dalam bentuk kata-kata tertulis maupun ucapan pemilik. Sehingga, solusi yang dilakukan adalah merancang konsep konten visual untuk akun Instagram Beta Batik guna membangun/mencapai awareness melalui Instagram Ads menggunakan analisis target audience, persona audience, marketing mix 4P, diferensiasi, USP, why test, consumer insight, tingkatan brand awareness, brand essence, preposisi, dan positioning yang diturunkan menjadi konsep konten visual.

Keywords


konsep konten, media sosial, brand awareness, engagement

Full Text:

PDF

References


Agustrijanto. (2002). Copywriting (Rev. ed. ). PT. Remaja Rosdakarya.

Arum. (2013, October 2). Apakah itu USP (Unique Selling Proposition)?. Business Lounge Journal. https://www.blj.co.id/2013/10/02/apakah-itu-usp-unique-selling-proposition-2/

Bahtiar, R. Mau Tau Cara Foto Produk yang Menarik? Simak 10 Cara Berikut Ini!. Techarea. (2017, January 24). https://techarea.co.id/10-cara-foto-produk-agar-menarik/

Fadhillah, K. (2020, October 18). Call to Action: Definisi, Peran Penting dan Contohnya. Jojonomic. https://www.jojonomic.com/blog/call-to-action/

Haekal, M. (2020, June 14). Apa Itu Unique Selling Point (USP)? Bagaimana Cara Menentukannya untuk Bisnis Anda?. Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/usp-adalah/

Instagram Ads : Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya. (2019, August 29). https://idwebhost.com/blog/instagram-ads/

Kenton, W. (2020, March 29). Call to Action (CTA). Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/c/call-action-cta.asp

Khairil. (2019, August 13). AISAS Model Sebagai Konsep Marketing Zaman Digital. Khairil. https://khairil.web.id/blog/aisas-model-sebagai-konsep-marketing-zaman-digital/

Kurniawan, A. (2021, June 4). Pengertian Tipografi dan Menurut Para Ahli. Gurupendidikan.com. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-tipografi/

Kurniawan, K. (2021, June 3). Apa Itu Branding? Pengertian Brand Para Ahli. Projasaweb. https://projasaweb.com/branding/

Minlab. (n.d.). Buyer Persona, Si Senjata Ampuh untuk Strategi Pemasaran. (n.d.). Bitlabs. https://bitlabs.id/blog/buyer-persona-adalah/

Riadi, M. (2020, September 17). Copywriting (Pengertian, Tujuan, Peran, Unsur, Gaya dan Elemen). Kajian Pustaka.com. https://www.kajianpustaka.com/2020/09/copywriting-dan-copywriter.html?m=1

Riyanto, D. (n.d.) Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020. (2020). Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/

The Science of Pychotherapy. (2016, November 23). Basic Psychological Needs. https://www.thescienceofpsychotherapy.com/basic-psychological-needs/

Yoga. (2019). Bukan Menggunakan Prinsip 4P tapi 4E. Riau Brand. https://riaubrand.com/bukan-menggunakan-prinsip-4p-tapi-4e/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.