PENGUJIAN EFEKTIFITAS APLIKASI “DO THE TASK” UNTUK TARGET KONSUMEN DI SURABAYA

Kevin Rusli, Ani Wijayanti, Luri Renaningtyas

Abstract


Pada masa pandemi ini banyak kegiatan yang dilakukan secara daring. Salah satunya pendidikan. Pembelajaran saat ini yang dilakukan secara daring memunculkan masalah mengenai tanggung jawab pada anak sekolah. Hilangnya sosok guru menjadi pembimbing langsung anak dalam belajar terbatas saat pembelajaran daring berlangsung. Lalu dibuatlah sebuah aplikasi bernama “Do The Task” dibuat seperti permainan yang akan berfungsi menjadi media pembelajaran mengenai tanggung jawab untuk anak. Karena aplikasi “Do The Task” adalah aplikasi baru, maka akan dilakukan pengujian efektivitas aplikasi kepada target yang sesuai.

Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah Focus Group Discussion. Dimana akan dilakukannya diskusi kelompok mengenai penggunaan aplikasi selama waktu yang disepakati. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi “Do The Task” efektif dalam mengajarkan tanggung jawab untuk anak, namun diperlukan tambahan fitur-fitur kedepannya.


Keywords


aplikasi; tanggung jawab; efektivitas

Full Text:

PDF

References


Ambar. (2018, Februari 8). 8 Teori Media Pembelajaran Menurut Para Ahli. Retrieved Oktober 4, 2020, from Pakar Komunikasi: https://pakarkomunikasi.com/teori-media-pembelajaran-menurut-para-ahli

Hidayat, A. (2012, Oktober 14). Penelitian Kualitatif: Penjelasan Lengkap. Retrieved Maret 19, 2021, from statistikian: https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html#:~:text=Menurut%20Saryono%20(2010)%2C%20Penelitian,atau%20digambarkan%20melalui%20pendekatan%20kuantitatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.