PERANCANGAN MEDIA PUBLIKASI KULINER INDONESIA DALAM BENTUK AUDIO VISUAL

Ignatius Ferdio Utama Setiyo, Erandaru Erandaru, Jacky Cahyadi

Abstract


Kebudayaan adalah salah satu hal yang wajib terus dilestarikan begitu juga dengan kuliner tradisional Indonesia yang harus terus dilestarikan dengan cara diperkenalkan kepada generasi muda kita. Publikasi sangat berperan penting dalam pelesatarian dan memperkenalkannya kuliner ke banyak orang. Korea Selatan dan Jepang merupakan salah satu negara dengan pemanfaatan media yang mereka miliki untuk mempublikasikan budaya mereka termasuk kulinernya ke kancah global. Hal ini yang membuat banyak orang di dunia mengenal berbagai macam jenis kuliner Korea maupun Jepang yang bahkan ada yang belum pernah kita  coba rasanya, namun karna publikasi dan promosi yang baik membuat kita penasaran dan ingin mencobanya. Dengan publikasi suatu budaya yang baik termasuk kulinernya, akan semakin menonjolkan identitas suatu bangsa yang mengakibatkan suatu warga negara menjadi lebih perhatian terhadap budaya dan kulinernya sendiri.

Keywords


kuliner; Indonesia; audio; visual

Full Text:

PDF

References


Negara, Jia (2013, Mei 29). BAB III Metode Penelitian. Pesan disampaikan dalam http://repository.uinsuska.ac.id/6194/4/BAB%20III.pdf

Supriyatman, Adia Titania & Nugroho, Catur. (2019). Analisis Resepsi Penonton Remaja Video Mukbang Dalam Kanal YouTube “Yuka Kinoshita”. Diunduh 25 September 2020 dari https://core.ac.uk/download/pdf/299928684.pdf

Lawi, Gloria Fransisca Katharina. (2020, September 21). Kreativitas Jadi Kunci Sukses KulinerKorsel. Pesan disampaikan dalam https://traveling.bisnis.com/read/20200921/223/1294436/kreativitas-jadi-kunci-sukses-kuliner-korsel

SWAOnline. (2016, Agustus 1). Memanfaatkan Fenomena Korean Wave. Pesan disampaikan dalam https://swa.co.id/swa/my-article/memanfaatkan-fenomena-korean-wave

Puspitasari, Dyah Dinanti. (2018, Oktober 25). 6 Strategi Korea Memopulerkan kuliner Melalui Layar Kaca dan Drama. Pesan disampaikan dalam https://kumparan.com/dyah-dinanti-puspitasari/6-strategi-korea-mempopulerkan-kuliner-melalui-layar-kaca-dan-drama-1540445669387364429

Wikipedia (2019, Juni 7). Seri Web. Pesan disampaikan dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Seri_web

Setyorinie, Tutut. (2018, September 28). Mengenal Web Series, Sinetron Kualitas Bioskop. Pesan disampaikan dalam https://www.kompasiana.com/tututsetyorinie/5badaab443322f72bb791e83/mengenal-web-series-sinetron-kualitas-bioskop?page=all

Erlangga, Michael. (2014, Juni 6). Tren Web Series Indonesia Semakin Berkembang, Smartfren Rilis Web Series Komedi. Pesan disampaikan dalam https://dailysocial.id/post/tren-web-series-indonesia-semakin-kreatif

Zakky. (2020). 18+ Macam-Macam Genre Film Beserta Pengertian dan Contohnya. Pesan disampaikan dalam seluncur.id/macam-macam-genre-film/

Sawa, Bartolo Bush. (2014, April 13). Teknik Pengambilan Gambar Video. Pesan disampaikan dalam https://www.dumetschool.com/blog/Teknik-Pengambilan-Gambar-Video

Lukitasari, Mutia Wella. (2020, Maret 13). Lihat Orang Makan Jadi Ikutan Laper, Ini Gimana Nahannya Sih!. Pesan disampaikan dalam https://www.diadona.id/health/lihat-orang-makan-jadi-ikutan-laper-ini-gimana-nahannya-sih 200312v.html#:~:text=Hormon%20ini%20di%20produksi%20di,dan%20menyebabkan%20kita%20jadi%20lapar.

Rahman, Afrizal Abdul. (2020, September 3). Alasan Makanan Khas Indonesia Kalah Populer dari Negara Tetangga. Pesan disampaikan dalam https://akurat.co/gayahidup/id-748004-read-alasan-makanan-khas-indonesia-kalah-populer-dari-negara-tetangga

Egsaugm. (2020, September 30). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Pesan disampaikan dalam https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/

Marianti, Yulia & Rana, Dita. (2020, Juli 10). Ini Alasan Makanan Khas Korea Selatan Populer di Indonesia. Pesan disampaikan dalam https://www.indozone.id/food/AqsbaZY/ini-alasan-makanan-khas-korea-selatan-populer-di-indonesia/read-all

Jelita, Kirana. (2019, Desember 22). Tanboy Kun, Raja Mukbang Indonesia Penghasilannya Sampai Puluhan Miliar per Tahun. Pesan disampaikan dalamhttps://www.hops.id/tanboy-kun-raja-mukbang-indonesia/

Putri, Aisyah Nawangsari. (2018, Agustus 4). 8 Alasan Drama Korea ‘Let’s Eat’ Wajib Kamu Tonton. Pesan disampaikan dalam https://www.idntimes.com/hype/entertainment/aisyah-nawangsari-putri/8-alasan-drama-korea-lets-eat-wajib-kamu-tonton-c1c2/8

Lestari, Mustiana. (2019, April 29). Coba Tebak Ada Berapa Jumlah Kuliner di Indonesia?. Pesan disampaikan dalam https://food.detik.com/berita-boga/d-4529131/coba-tebak-ada-berapa-jumlah-kuliner-di-indonesia

Hidayat, Fajar. (2020, November 12). Kuliner Daerah Khas Indonesia Kurang Promosi. Pesan disampaikan dalam https://bandungside.com/2020/11/kuliner-khas-daerah-di-indonesia-kurang-promosi/

Yoshepine, Melita. (2017, Januari 28). Sejarah Makanan Korea. Pesan disampaikan dalam http://koreanfoodproject7.blogspot.com/2017/01/sejarah-makanan-korea.html

Riyanto, Adi Dwi. (2020, Juni 17). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2020. Pesan disampaikan dalam https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/

Andriani, Dewi. (2013, Agustus 22). Kuliner Indonesia, Potensi Masakan Nusantara di Pasar Dunia. Pesan disampaikan dalam https://entrepreneur.bisnis.com/read/20130822/263/158136/kuliner-indonesia-potensi-masakan-nusantara-di-pasar-dunia

Anggraini, Dewi. (2018, Maret 6). Ini Alasan Kenapa Video Mukbang Disukai Banyak Orang. Pesan disampaikan dalam https://food.detik.com/info-kuliner/d-3901234/ini-alasan-kenapa-video-mukbang-disukai-banyak-orang

Sempati, Galuh P. H. (2017). Persespsi dan Perilaku Remaja Terhadap Makanan Tradisional dan Makanan Modern. (Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2017) diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/78038678.pdf

Sagita, Maharani. (2019, Agustus 19). Benarkah Beda Generasi, Beda Pula Selera Makanannya?. Pesan disampaikan dalam https://kumparan.com/millennial/benarkah-beda-generasi-beda-pula-selera-makanannya-1rhDRCKS0YG/full


Refbacks

  • There are currently no refbacks.