PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UMKM MAKANAN HALAL SURABAYA MELALUI INSTAGRAM

Fiona Wulansari Budilarto, Rebecca Milka Natalia, Paulus Benny Setyawan

Abstract


Kota Surabaya yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki tingkat aktivitas yang cukup tinggi. Dalam menjalani aktivitas, setiap manusia perlu menyeimbangi dengan asupan untuk meningkatkan energi pada tubuh. Energi tubuh didapatkan melalui makanan dan minuman. Hal tersebut menjadi salah satu faktor peningkatan Usaha Mikro, Kecil, Menengah sektor kuliner selama masa pandemi. UMKM adalah sebuah kata singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah. Salah satu penyebab Usaha Mikro Kecil Menengah sektor kuliner mengalami peningkatan karena masyarakat Surabaya memilih untuk membeli makanan yang jauh lebih variatif dan ekonomis. Karakteristik suka mencoba hal baru menjadi salah satu dorongan masyarakat Surabaya untuk membeli makanan dan minuman dari online. Selain suka mencoba hal baru, harga – harga yang ditawarkan Usaha Mikro Kecil Menengah dunia kuliner relatif ramah di kantong dan banyak penawaran menarik lewat aplikasi. Ternyata, Usaha Mikro Kecil Menengah sektor kuliner masih sedikit yang memanfaatkan sistem online atau media sosial. Pentingnya wadah promosi untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dunia kuliner ini agar mampu dikenal dan sampai kepada target market. Selain itu, Usaha Mikro Kecil Menengah sektor kuliner pun mampu memberikan visualisasi yang menarik dan dapat meningkatkan daya tarik konsumen.

Keywords


UMKM;Kuliner;Surabaya;Inovasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, F. (2020, October 9). Apa saja peran umkm bagi perekonomian Indonesia. Idxchannel.com. Retrieved from: https://www.idxchannel.com/infografis/apa-saja-peran-umkm-bagi-perekonomian-indonesia#:~:text=Dijelaskan%20oleh%20Bappenas%2C%20bahwa%20Peran,untuk%20menjalankan%20kegiatan%20ekonomi%20produktif.

Amanda, Y. (2020, April 1). 5+ manfaat instagram untuk promosi bisnis anda. Niagahoster. Retrieved from: https://www.niagahoster.co.id/blog/manfaat-instagram-untuk-bisnis/

Andarningtyas. (2020, Mei 12). Instagram luncurkan fitur dukung umkm lokal. Antaranews.com. Retrieved from: https://www.antaranews.com/berita/1486564/instagram-luncurkan-fitur-dukung-umkm-lokal

Arti warna coklat dan kepribadian penggemar warna coklat. (2020, July 8). Diedit.com. Retrieved from: https://www.diedit.com/arti-warna-coklat/

Asfihan, A. (2021, January 10). Instagram adalah: sejarah, fungsi dan keistimewaan instagram. Adalah.co.id. Retrieved from: https://adalah.co.id/instagram/#Fungsi_Instagram

Ayunindya. (2020, February 21). Mengulik sejarah instagram, media sosial paling digandrungi masa kini. cekaja.com. Retrieved from: https://www.cekaja.com/info/mengulik-sejarah-instagram

Ayu, A. (2020, December 24). Tujuan promosi menurut para ahli, kenali bentuk – bentuknya. Liputan6. Retrieved from: https://hot.liputan6.com/read/4441490/tujuan-promosi-menurut-para-ahli-kenali-bentuk-bentuknya#:~:text=Menurut%20Fandi%20Tjiptono%2C%20tujuan%20utama,tentang%20perusahaan%20dan%20bauran%20pemasarannya

Brian, R. (2018, January 7). Apa itu branding, unsur, tujuan dan fungsinya dalam bisnis. Maxmanroe.com. Retrieved from: https://www.maxmanroe.com/pengertian-branding.html#:~:text=Promosi%20dan%20Daya%20Tarik%3A%20produk,mudah%20diingat%20oleh%20orang%20lain.

Detik.com. (2020, September 15). Arti, filosofi, dan psikologi warna yang harus diketahui. DetikHealth. Retrieved from: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5173928/arti-filosofi-dan-psikologi-warna-yang-harus-diketahui

Dosen Pendidikan 2. (2021, April 5). Tujuan umkm: jenis, ciri, kriteria, karakteristik dan pengertian. Dosen Pendidikan. Retrieved from: https://www.dosenpendidikan.co.id/tujuan-umkm/#:~:text=Ciri%2DCiri%20UMKM%20%E2%80%9CUsaha%20Mikro%20Kecil%20dan%20Menengah%E2%80%9D,-Adapun%20ciri%2Dciri&text=Jenis%20komoditi%2Fbarang%20yang%20ada,dan%20keuangan%20usaha%20masih%20disatukan.

Fastwork. (2018, September 20). 7 makna psikologi warna dalam desain logo dan branding. Fastwork.id. Retrieved from: https://fastwork.id/blog/psikologi-warna/#:~:text=Apa%20sebenarnya%20arti%20warna%20hitam,atau%20mengutamakan%20kecanggihan%20dalam%20produknya.

Haryanto, A. (2021, January 11). UMKM: memahami pengertian dan ciri - cirinya. Jojonomic. Retrieved from: https://www.jojonomic.com/blog/umkm/

Hico. (n.d.). 10 arti warna dalam psikologi warna, terpopuler menurut ahli. Goodminds.id. Retrieved from: https://goodminds.id/arti-warna/#:~:text=Warna%20kuning%20memberi%20arti%20kehangatan,dan%20juga%20menyatu%20dengan%20ekstrovert.

Jubelio. (n.d.). 4 langkah strategi branding untuk memulai bisnis online. Jubelio.com. Retrieved from: https://jubelio.com/2020/4-langkah-strategi-branding-untuk-memulai-bisnis-online/

Nayoan, A. (2019, October 31). Apa itu branding? apa pentingnya bagi bisnis anda? Niagahoster. Retrieved from: https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-branding-dan-strategi-branding/

P, W. (n.d.). 7 langkah untuk membangun brand bisnis awal. Koinworks.com. Retrieved from: https://koinworks.com/blog/langkah-untuk-membangun-brand-bisnis/

Portal Hukum dan Peraturan Indonesia. (2012, November 16). Pangan. Paralegal.id. Retrieved from: https://paralegal.id/pengertian/pangan/

Priharto, S. (2020, July 21). Konsep marketing: pengertian, jenis dan bedanya dengan konsep penjualan. Accurate. Retrieved from: https://accurate.id/marketing-manajemen/pembahasan-lengkap-konsep-marketing/#Pengertian_Konsep_Marketing

Priharto, S. (2020, May 4). UMKM adalah: berikut pengertian, kriteria, contoh, cara ekspansi dan regulasi yang menaunginya. Accurate. Retrieved from: https://accurate.id/bisnis-ukm/umkm-adalah/#Pengertian_UMKM_Menurut_Para_Ahli

Ramadhani. (2020, October 29). UMKM pengertian dan perannya dalam ekonomi! Akseleran.co.id. Retrieved from: https://www.akseleran.co.id/blog/umkm-adalah/

Redaksi BisniUKM. (2020, March 11). Manfaat pemasaran online bagi keberhasilan bisnis. BisnisUKM.com. Retrieved from: https://bisnisukm.com/manfaat-pemasaran-online-bagi-keberhasilan-bisnis.html#:~:text=Pemasaran%20online%20bisa%20membantu%20para,mereka%20cari%20di%20situs%20Anda.

Riadi, M. (2017, January 4). Pengertian, tujuan, unsur dan jenis - jenis branding. KajianPustaka.com. Retrieved from: https://www.kajianpustaka.com/2017/01/pengertian-tujuan-unsur-dan-jenis-branding.html

Robith. (2020, November 19). Pengaruh penggunaan media sosial dan manfaat untuk bisnis. Sekawan Media. Retrieved from: https://www.sekawanmedia.co.id/media-sosial-untuk-bisnis/

Santia. (2020, Mei 5). Selama pandemi corona, penujualan UMKM makanan secara online naik 300 persen. Liputan6.com. Retrieved from: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4246149/selama-pandemi-corona-penjualan-umkm-makanan-secara-online-naik-300-persen

Savitra, K. (n.d.). 17 arti warna aura manusia menurut psikologi. DosenPsikologi.com. Retrieved from: https://www.diedit.com/arti-warna-coklat/

Sendari, A. A. (2019, March 1). Instagram adalah platform berbagi foto dan video, ini deretan fitur canggihnya. Liputan6. Retrieved from: https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya

Setya. (2020, June 30). Penjualan produk makanan ukm online meningkat selama masa pandemi corona. Detikfood.com. Retrieved from: https://food.detik.com/info-kuliner/d-5073186/penjualan-produk-makanan-ukm-online-meningkat-selama-pandemi-corona

Widarti, P. (2021, March 4). Strategi surabaya tingkatkan kapasitas umkm. Surabaya Bisnis. Retrieved from: https://surabaya.bisnis.com/read/20210304/531/1363790/strategi-surabaya-tingkatkan-kapasitas-umkm

Wijaya, Y. G. (2020, June 30). Pemerintah ajak pengusaha kuliner bertahan dan lihat peluang pada masa pandemi. Kompas.com. Retrieved from: https://www.kompas.com/food/read/2020/06/30/110315575/pemerintah-ajak-pengusaha-kuliner-bertahan-dan-lihat-peluang-pada-masa?page=all

Winarso, B. (2015, September 17). Apa itu instagram, fitur dan cara menggunakannya? Dailysocial.id. Retrieved from: https://dailysocial.id/post/apa-itu-instagram


Refbacks

  • There are currently no refbacks.