PERANCANGAN WEBSITE ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK KELAS ENAM SEKOLAH DASAR

Yurike Chrisdayanti Legono, Michella Angeline Sanjaya, Aristarchus Pranayama, Ryan Pratama Sutanto

Abstract


Pelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang di anggap sulit. Untuk meningkatkan minat belajar mereka, penulis membuat kesimpulan untuk merancang media interaktif berupa website dan animasi. Media pembelajaran website dan animasi yang dibuat juga merupakan media yang dapat membantu proses pemahaman dan penyampaian berbagai informasi serta edukasi untuk anak sekolah dasar. Pemilihan media yang tepat dapat mempengaruhi belajar anak. Media visual animasi dan website dapat menangkap lebih menarik dan efektif untuk anak-anak yang ingin hiburan serta mendapat edukasi dari hiburan tersebut.

Keywords


media pembelajaran; animasi; website; matematika; sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Ansori. (2020, 2 Februari). Diambil kembali dari Contoh

Website Dinamis Beserta Tampilannya. Diakses pada

tanggal 8 Oktober 2020 dari Pesan disampaikan dalam

https://www.ansoriweb.com/2020/02/contoh--

dinamis.htmlB1. (2012, 12 Februari). Psikolog: Siswa SD Perlu

Kemampuan Matematika. Pesan disampaikan dalam

https://www.beritasatu.com/beritasatu/kesehatan/33574

/psikolog-siswa-sd-perlu- kemampuan-matematika

Detiknews.com. (2020, 8 April). Belajar "Online" Tak

Semudah yang Dibayangkan. Pesan disampaikan dalam

https://news.detik.com/kolom/d-4969703/belajaronline-tak-semudah-yang- dibayangkan

Dewaweb.com. (2018, 10 Agustus). Apa Itu User

Interface. Pesan disampaikan dalam

https://www.dewaweb.com/blog/user-interface/

Hidayanti, L. (2020, Juni 24). Kendala Belajar Online

bagi Siswa saat Pandemi Covid-19. Pesan disampaikan

dalam https://kumparan.com/laeli-hidayanti/kendalabelajar-online-bagi-siswa-saat-pandemi-covid-19-

tfb7OwtV7i/full

Idwebhost.com. (2018, 20 April). Pengertian Website

Secara Lengkap. Pesan disampaikan dalam

https://idwebhost.com/blog/pengertian--secaralengkap/.

Idwebhost.com. (2018, 20 April). Pengertian Website

Secara Lengkap. Pesan disampaikan dalam

https://idwebhost.com/blog/pengertian--secaralengkap/.

Ika. (2020, Juni 13). Membedah Tantangan

Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19.

Pesan.disampaikan

dalam.https://www.ugm.ac.id/id/berita/19552-

membedah-tantangan-pembelajaran-daring-di-tengahpandemi-covid-19

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2020).

Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan

Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan COVID-19.

Laporan penelitian, Kementrian Kesehatan Republik

Indonesia.

Lasseter, John. (1987). Principles of traditional

animation applied to 3D computer animation. In

Proceedings of ACM SIGGRAPH on Computer

Graphics, Volume 21, July 1987.

Maio, A. (2020, Novemeber 18). Diambil kembali dari

https://www.studiobinder.com/blog/what-is-animationdefinition/

MASA PANDEMI COVID-19. Pesan diambil dari

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitaspembelajaran-daring-di-masapandemicovid19#:~:text=Sistem%20pembelajaran%20

daring%20(dalam%20jaringan,meskipun %20siswa%20b

erada%20di%20rumah.

Mubarok,I. (2018, 22 Agustus). Jenis-Jenis Website

Berdasarkan Fungsi, Platform, dan Sifatnya. Pesan

disampaikan.dalam

https://www.niagahoster.co.id/blog/jenis-/

Patria, R. (2020, 14 Juli). 6 Elemen Penting dalam Design

User Interface (UI). Pesan disampaikan dalam

https://www.domainesia.com/berita/design-userinterface-ui/

Rakhma. (2019, 13 September). Orangtua Mengeluh

Pelajaran Sekolah Zaman Sekarang Benar-benar Sulit.

Pesan disampaikan dalam

https://lifestyle.kompas.com/read/2016/09/13/194250820

/orangtua.mengeluh.pelajaran.sekolah.zaman.sekarang.be

nar-benar.sulit.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M.I. , Cahyani.

S.A., Ulfayati, Z.A. (2020, Juni 30). Dampak Pandemi

Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD

(Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa).

Diunduh 21 Juni 2021

darihttp://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/vie

w/5/5

Trianto.(2010).Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT.

Bumi Aksara.

Yanuar, Y. (2019, Desember 5). Riset OECD: Murid

Indonesia yang Mampu Matematika 1 Persen. Pesan

disampaikan.dalam

https://tekno.tempo.co/read/1280049/riset-oecd-muridindonesia-yang-mampu-matematika-1-perse


Refbacks

  • There are currently no refbacks.