PERANCANGAN PROMOSI MADU HUTAN MERK BST

MAYAFIRYAL SOCHMARISANDA SOCHMARISANDA(1*),


(1) UK. Petra
(*) Corresponding Author

Abstract



Madu BST merupakan madu yang diproduksi dari spesies lebah Apis dorsata yang dikenal tidak mudah dibudidayakan, sehingga menghasilkan madu berkualitas yang langka. Madu BST sebagai madu hutan yang diambil dari pulau-pulau di kawasan Maluku Barat Daya (MBD) memiliki keunikan tersendiri yaitu rasa yang tidak terlalu manis sehingga menarik banyak konsumen. Namun beberapa tantangan baru muncul dalam bisnis madu hutan yakni semakin banyaknya produsen yang menjual madu yang membuat persaingan semakin sengit. Identitas yang dimiliki madu hutan BST saat ini hanya berupa logo dan kemasan yang kurang menunjukan identitas usaha ini serta promosi yang dilakukan hanya sebatas word of mouth. Perancangan strategi promosi yang sesuai akan meningkatkan citra dan identitas produk dengan membuat identitas online secara visual dan melukan segala kegiatan promosi yang efektif untuk memperluas jangkauan penjualan serta menambah awareness masyarakat terhadap Madu Hutan BST.

 



Keywords


Promosi, Produk, Identitas, Media, Visual

References


Aker, David A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.

Adji, Suranto. 2007. Terapi madu. Edisi pertama. Jakarta: Penebar Plus.

Ekonomi, Guru. (2019). Sarjana Ekonomi. Promosi: Pengertian, Fungsi, Contoh, Tujuan

dan Jenis Terlengkap. Retrieved from https://sarjanaekonomi.co.id/promosi-pengertian-fungsi-contoh-tujuan- jenis-terlengkap/

Engel, M. S. (1999). The Taxonomy of Recent and Fossil Honey Bees (Hymenoptera:

Apidae: Apis). Journal of Hymenoptera Research

Gyensare, M. (2016). Rebranding: A Strategy Whose Time Has Come. Retrieved from:

https://www.researchgate.net/publication/307938192_Rebranding_A_strategy_whose_time_has_come

Kotler, dan Ketler. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Moriarty,S. Mitchel, N. Wells, W. (2011). Advertising. Jakarta : Kencana.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2008). Manajemen Strategis Analisis SWOT

Purbaya, J.R. (2007). Mengenal dan Memanfaatkan Khasiat Madu Alami.

Bandung: Pinonir Jaya.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Selmi, Asriani P. C. & Saepuddin R. (2017) Perilaku dan Loyalitas Komsumen Madu di

Kota Bengkulu. Retrieved from:

https://media.neliti.com/media/publications/136293-ID-perilaku-dan-loyalitas-konsumen-madu-di.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.