Perancangan Komunikasi Visual Revitalisasi Tari Topeng Dalang untuk Program Destinasi Madura

Erlinda Triani Wiyono(1*), Ahmad Adib(2), Ani Wijayanti(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seni budaya tradisional yang telah ada di Indonesia sejak lama, sangat disayangkan karena saat ini posisinya
perlahan-lahan makin tergeser dengan banyaknya budaya modern yang dengan mudahnya diterima dengan baik
oleh masyarakat. Bahkan masyarakat tidak mengenal dan mengetahui budaya apa saja yang ada di sekitar
mereka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat, dibutuhkan upaya pengenalan kembali kepada
masyarakat pada seni tradisi yang mulai punah keberadaanya, salah satunya Tari Topeng Dalang yang berasal
dari Sumenep-Madura. Perancangan ini menggunakan pendekatan komunikasi visual dengan media utamanya
adalah website. Media tersebut merupakan media modern yang dalam penggunaannya praktis dan dapat diakses
dimana saja. Website tersebut membahas seputar Tari Topeng Dalang dari sejarah, pertunjukkan, bentuk topeng
dan kostum yang digunakan, perkembangannya saat ini.

Keywords


Komunikasi Visual, Revitalisasi, Tari Topeng Dalang, Destinasi, Madura.

Full Text:

PDF

References


D. Zamawi Imron. Sekitar Seni Tutur Madura dan

Upaya Revitalisasi.

http://lontarmadura.com/sekitar-seni-tuturmadura-

dan-upaya-revitalisasi-2-2/

Koentjaraningrat. Kebudayaan, Mentalitas, dan

Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia. 1984

Peursen, C. A. van. Strategi Kebudayaan.

Yogyakarta: Kanisius. 1988

Priyatin. Resume Media Pertunjukan. Yogyakarta.

Prof. Dr. C. A. van Peursen. Strategi Kebudayaan.

Yogyakarta: Kanisius. 1988

“Revitalisasi Budaya”.

http://sosbud.kompasiana.com/2012/05/24/revita

lisasi-budaya-459676.html. Tanjungpinang,

- Embie C Noer

Soetrisno. Madura V. Malang. 1981


Refbacks

  • There are currently no refbacks.