PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF LIMA BAHASA KASIH SEBAGAI SARANA EDUKASI PENDUKUNG FAMILY TRAINING GEREJA HAPPY FAMILY CENTER SURABAYA

Michelle Kosasih(1*), Andrian Dektisa Hagijanto(2), Mendy Hosana(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu faktor penyebab kegagalan komunikasi dalam sebuah hubungan adalah adanya perbedaan bahasa kasih. Bahasa kasih mendasari cara seseorang berkomunikasi dengan kasih, serta sebaliknya merasa dikasihi. Media interaktif lima bahasa kasih dirancang untuk membantu jemaat Gereja Happy Family Center dalam meningkatkan kualitas komunikasi, khususnya dalam hubungan pacaran. Secara spesifik, media interaktif ini berguna sebagai sarana edukasi pendukung program Family Training yang dimiliki oleh Gereja Happy Family Center. Media interaktif berupa aplikasi mobile ini berfokus pada pengetahuan serta penerapan lima bahasa kasih yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Metode perancangan yang digunakan dalam perancangan ini adalah wawancara, observasi, literatur, dan internet guna mendapatkan data yang faktual untuk dianalisis. Hasil perancangan yang telah diujicobakan menunjukkan bahwa aplikasi mobile ini praktis untuk digunakan sebagai sarana edukasi pendukung Family Training dalam rangka peningkatan kualitas komunikasi. Sehingga adanya masalah akibat kesalahpahaman atau kegagalan komunikasi dalam hubungan pacaran maupun pernikahan kelak dapat diminimalkan.


Keywords


lima bahasa kasih, Family Training, Gereja Happy Family Center, media interaktif.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2007). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aulia, F. Y., & Yuldinawati, L. (2018). Analisis faktor konfirmatori motivasi pada pengguna aplikasi taksi online di wilayah Bandung. e-Proceeding of management, 5(1), 53. Retrieved from https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6319/6297

Chapman, G. (2018). Lima bahasa kasih untuk para single. Yogyakarta: Andi.

Interaktif. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring (2016). Retrieved from https://kbbi.web.id/interaktif

Jalinus, H., & Ambiyar (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Jenis media interaktif : pengertian, manfaat, keunggulannya. (2020, Feb 9). Retrieved from https://duniapendidikan.co.id/media-interaktif/

Kristianus, H. (2019). Healthy dating. Jakarta: Yayasan Tangan Pengharapan.

Layantara, H., & Maria, A. (2017). Family training. Surabaya: Gereja Happy Family Center.

Media interaktif. (n.d.). Retrieved from https://endonesa.wordpress.com/ajaran-pembelajaran/media-interaktif/

Perancangan. (2012). Retrieved from https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/526/jbptunikompp-gdl-rdhendraca-26274-6-unikom_r-i.pdf

Siregar, M., & Permaa, I. (2016). Rancang bangun aplikasi berbasis mobile untuk navigasi ke alamat pelanggan TV berbayar (studi kasus: Indovision cabang Pekanbaru). Jurnal rekayasa dan manajemen sistem informasi, 2(1), 83. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/1968/1369

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran: landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.