Perancangan dan Strategi Promosi Jewelry Berkonsep DIY Mix and Match Etnik Nusantara Seri Bumbu Rempah

Yemima Yoke Handakara(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehidupan manusia tidak lepas dari kebutuhan akan pakaian. Seiring berkembangnya jaman, kebutuhan akan pakaian berkembang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Salah satu perkembangan dari industri pakaian (trend mode) adalah aksesori. Di sisi lain, bangsa Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak warisan budaya (etnik nusantara). Namun, budaya etnik nusantara Indonesia semakin menghilang seiring berjalannya waktu. Masyarakat, terutama oleh para kaum wanita mulai meninggalkan perhiasan etnik khas daerah dan lebih memilih untuk menggunakan perhiasan yang simpel.

Untuk menjawab permasalahan di atas, maka dibuatlah perancangan dan strategi promosi jewelry berkonsep DIY Mix and Match etnik nusantara seri bumbu rempah. Perancangan ini memiliki tujuan untuk mengubah pandangan akan kesan kuno yang muncul dari perhiasan bertema etnik nusantara. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kajian pustaka, dan dengan menggunakan pendekatan analisis : 5W1H, 4P, AISAS, Brand Mapping, dan SWOT.


Keywords


Strategi promosi; Jewelry; DIY Mix and Match; Etnik nusantara; Bumbu rempah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.