PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI BAGI PEREMPUAN BERAMBUT KERITING
(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Perempuan berambut ikal & keriting di Indonesia sering kali mengalami penolakan sosial dari masyarakat mulai dari pasangan, teman, bahkan keluarga. Penolakan sosial ini dapat mengakibatkan pola pikir sulit menerima diri sendiri dalam benak seseorang akar masalah yang ditemukan adalah perempuan berambut ikal dan keriting belum sepenuhnya menerima diri sendiri sehingga belum bisa tampil percaya diri dengan rambut alaminya. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan Focussed Group Discussion (FGD) dan kuesioner sebagai media pengumpulan data. Solusi yang dilakukan adalah melaksanakan sebuah kampanye sosial untuk perempuan berambut ikal & keriting supaya makin mencintai rambut alaminya. Mekar hadir untuk mengajak dan mendorong mereka untuk semakin mencintai rambut alaminya supaya semakin percaya diri untuk tampil dengan rambut alaminya.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Andini, T. (2019). “Little Moments” perancangan kampanye quality time bagi ibu berkarier. Wimba : Jurnal Komunikasi Visual, 10(2), 94-106
https://doi.org/10.5614/jkvw.2019.10.2.3
DevaCurl: welcome to curl 101. (n.d.) DevaCurl. Retrieved from https://www.devacurl.com/us/curl-101
Djiwandono, P. I. (2015). Meneliti itu tidak sulit: Metodologi penelitian sosial dan pendidikan bahasa. Yogyakarta: Deepublish
Farhana, K. (2019, September 2). Alasan kenapa rambut keriting tidak boleh disisir. Fimela. Retrieved from https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4051182/alasan-kenapa-rambut-keriting-tidak-boleh-disisir
Kurniawan, A. (2019, September 26). Wizzy Williana sempat tak percaya diri dengan rambut keritingnya. Tabloidbintang. Retrieved from https://www.tabloidbintang.com/berita/polah/read/137333/wizzy-williana-sempat-tak-percaya-diri-dengan-rambut-keritingnya
Pamungkas, S. (2018, April 17). Kampanye digital di Indonesia, berebut suara rakyat. GEOTIMES. Retrieved from https://geotimes.co.id/opini/kampanye-digital-di-indonesia-berebut-suara-rakyat/
Samosir, H. A. (2015, August 4). 8 dari 10 Perempuan tak percaya diri akibat dilema rambut. CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150804162140-277-70044/8-dari-10-perempuan-tak-percaya-diri-akibat-dilema-rambut
Sayekti, M. (2018). Berdamai dengan diri sendiri: Seni menerima diri apa adanya. Yogyakarta: Psikologi Corner.
Refbacks
- There are currently no refbacks.