PERANCANGAN VISUAL BRANDING KACANG GORENG MAKCIR

Joshua Christian(1*), Ahmad Adib(2), Ani Wijayanti Suhartono(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Kacang Goreng Makcir adalah jenis usaha makanan ringan yang menjual kacang goreng mede dan kacang bawang. Kacang goreng Makcir ini sudah berdiri dari tahun 1987 dan dikenal oleh banyak masyarakat hingga saat ini. Tetapi, kacang goreng Makcir ini belum memiliki identitas pada produknya, tidak mengikuti perkembangan trend dan perubahan perilaku konsumen sehingga kalah bersaing dengan kompetitornya. Berdasarkan kesimpulan di atas, perancangan yang akan dilakukan meliputi perancangan branding dan media yang berfungsi untuk menunjukkan identitas Kacang Goreng Makcir sesuai dengan target audience-nya. Perancangan branding ini mulai dari media-media yang digunakan seperti: packaging, stationary, Point of Purchase, seragam karyawan, media promosi, dan yang lainnya. Diharapkan dengan adanya perancangan branding ini dapat membantu dan mengembangkan bisnis dari Kacang Goreng Makcir, menciptakan diferensiasi brand yang dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Keywords


Kacang Goreng Makcir; makanan ringan; brand; branding; diferensiasi; logo; kemasan

Full Text:

PDF

References


Hidayat, Anwar (2012, Oktober 14). “Penelitian kualitatif”. Retrieved from https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html

Kartajaya, Hermawan. (2004). Hermawan Kartajaya On Brand (Seri 9 Elemen Marketing). Bandung: PT Mizan Pustaka.

Keller, Kevin Lane (2014). Strategic Brand Management (7th Edition) : Building, Measuring, and Managing Brand Equity, New Jersey: Upper Saddle River

Kotler, Philip. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control, Ninth Edition, New Jersey: Pretince Hall Int.

Kurniawan, Kanada. (2010, April 27). “Pengertian Merek”. Retrieved from : https://projasaweb.com/pengertian-merek/

Permana, Irvan. (2012). Brand is like a donut. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Simamora, Bilson (2012, February 15). “Pengertian Branding Menurut Para Ahli”. Retrieved from https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/08/pengertian-brandingmenurut-para-ahli-fungsi-tujuan-unsur-jenis-branding.html

Soehadi, Agus W. (2015). Effective Branding. Bandung: Mizan Media Utama

UMKM Cirebon. (2019, November 1) "UMKM Cirebon Minim Penguasaan Teknologi”. Retrieved from https://nasional.republika.co.id/berita/q09h0o218000/umkm-cirebon-minimpenguasaan-teknologi-digital

Wheeler, Alina. (2013). Designing Brand Identity: an Essential Guide for The Whole Branding Team (4th ed.). New Jersey: United States of America: John Wiley & Sons. Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.