PERANCANGAN VISUAL BRANDING KUE KERING GOLDEN COOKIES di SURABAYA

Michelle Hartanto(1*), Baskoro Suryo Banindro(2), Yusuf Hendra Yulianto(3),


(1) Uk. Petra
(2) Uk. Petra
(3) Uk. Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Golden Cookies merupakan usaha home industry yang memproduksi berbagai macam kue kering. Namun usaha ini mengalami kesulitan karena tidak memiliki visual branding yang mendukung yang mulai mengancam eksistensi usaha ini. Padahal Golden Cookies memiliki potensi yang besar agar dapat berkembang lagi. Perancangan Visual branding ini menggunakan metode SWOT yang merupakan hasil dari wawancara, observasi dan analisa sehingga didapatkan data bahwa dalam memproduksi usaha ini menggunakan bahan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan menawarkan kelebihan berupa produk yang dapat di custom. Data tersebut memiliki kesamaan dengan target audiens yang merupakan seorang dewasa-mudah yang menginginkan produk berkualitas yang dapat menyesuaikan selera mereka dengan harga yang terjangkau. Walaupun Golden Cookies memiliki beberapa potensi, usaha ini belum diketahui banyak orang karena tidak memiliki identitas yang jelas. Oleh sebab itu dibutuhkannya perancangan visual branding agar usaha ini memiliki identitas yang jelas dan kuat agar keberadaan usaha ini diketahui masyarakat dan dapat berkompetisi.


Keywords


Visual branding, usaha Golden Cookies, kue kering, identitas, brand

Full Text:

PDF

References


Calonaci, Dorio. (2016) . Pratical responsive typhography. Birmingham : Packt publishing Ltd.

Dian, Mas & Jessica Diana Kartika. (2013). Feng shui untuk logo. Jakarta: Elex Media Komputido

Hannah, Jaye. (2019, Juni 20). What is typography, and why is it important? A beginner’s guide. Retrieved Maret 3, 2020 from https://careerfoundry.com/en/blog/ui- design/beginners-guide-to-typography/#3-the- different-elements-of-typography

Helow. Mary. (2018, Mei 18). 5 Components of a visual identity. Retrieved Maret 3, 2020 from https://www.neworld.com/newsblog/2018/5-components-of-a- visual-identity/

Kasilo, Djito. (2008). Komunikasi cinta. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia

Kellermeyer, Sierra. (2018, September 19). What is a visual brand? Do i need one?. Retrieved Maret 3, 2020 from http://sierrakellermeyer.com/blog/what-is- visual-branding

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2016). Marketing Managemen. (15th ed). New Jersey : Pearson Education,Inc

Lamb Charles W., Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. (2001). Pemasaran Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus intergrated marketing communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sistaningrum (2002). Manajemen promosi pemasaran. Jakarta : Index

Schultz, D.E., & Schultz, H.F. (2004). Brand babble. Mason : Thomson South-Western.

Surianto, Rustan. (2009). Mendesain logo. Jakarta : Gramedia Pustaka Umum

Sularko, et all. (2008) . How do they think? Rekaman proses pembuatan aset perusahaan paling berharga. Jakarta: Mosher.

Spacey, John. (2017, Maret 19). 13 Types of visual branding. Retrieved Februari 15, 2020 from https://simplicable.com/new/visual-branding

Wheeler,Alina. (2013). Designing brand identity. (4th ed). New Jersey : John Wiley & Sons, Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.