Perancangan Multifunctional Clothes Collection Bagi Wanita Karir di Surabaya

Monica Chandra(1*), Maria Nala Damayanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang wanita karir mempunyai jadwal yang padat, baik itu ketika sedang bekerja maupun kegiatan lain setelah jam kantor. Dalam beraktivitas, para wanita karir selalu membawa pakaian lebih ke kantor jika seusai jam kerja mereka memiliki kegiatan lainnya, seperti menghadiri event-event atau hangout bersama teman atau keluarga. Banyaknya pakaian yang dibawa menjadikan bertambahnya beban yang tidak efisien, semua ini dilakukan karena waktu yang mereka miliki terbatas. Para wanita karir harus bersiap diri di kantor jika mereka memiliki kegiatan lain seusai kantor, maka mereka membutuhkan pakaian multifungsi untuk dikenakan ke event yang berbeda. Maka dirancang multifunctional clothes yang berupa sebuah koleksi pakaian dengan dua atau lebih model didalam satu pakaian. Perancangan ini menggabungkan antara work wear dengan beberapa jenis dan style pakaian lainnya yang dapat bersifat formal maupun non-formal yang dapat membantu dalam mempersingkat proses penggantian baju dan juga menjadi efisien dan nyaman pada saat dikenakan.


Keywords


Multifunctional Clothes, work wear, style

Full Text:

PDF

References


Chapman, N., Cheel, J. (2014). The Secrets of Fashion Drawing. London: Arcturus Publishing Limites.

Cunha, J & A.C. Broega. (2009, Mei 26 - 28). Designing Multifunctional Textile Fashion Product. Makalah dipresentasikan pada seminar AUTEX 2009 World Textile Conference, Imzir, Turkey.

Dian, M. (2011, September 13). Penting! Aneka Istilah Fashion dan Artinya. Retrieved from https://www.fimela.com/fashion-style/read/3506435/penting-aneka-istilah-fashion-amp-artinya. Fashionpedia. (2016). Hong Kong: Fashion International Ltd.

Gerval, O. (2007). Fashion Concept to Catwalk. Paris: Groupe Eyrolles as Studio et Produits 61.Hutchings. (n.d.). Silhouette Definition.Retrievedfrom http://mrshutchingsclassroom.weebly.com/define-silhouette.html

Jia. (2014, Februari 19). 10 Benefits of Rversible and Multi-Functional Clothing. Retrieved from https://jiacollection.com/blogs/news/16591 933-10-benefits- of-reversible-and-multi- functional-clothing.

Kusrianto, A. (2017). Pengetahuan Bahan Tekstil (revised ed). Surabaya: Adi Kusrianto Literary Agent.

Mayangsari, M.D. & Amalia, D. (2018, April). Keseimbangan Kerja – Kehidupan Pada Wanita Karir (Jurnal Ecopsy, volume 5 nomor 1). Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Indonesia.

Qwords. (2018, April 6). Sukses dan Inspirtif, ini Ciri-Ciri Wanita Karir. Retrieved from https://qwords.com/blog/wanita-karir-sukses-inspiratif/

Qkerja. (2017, April 24). 6 Masalah yang Dihadapi Wanita Karir Hingga Kini. Retrieved from https://economy.okezone.com/read/2017/0 4/24/320/1675114/6-masalah-yang- dihadapi-wanita-karier-hingga-kini.

Rose, L. (2018, September 26). Multifunctional Clothing Range Eyes Global Expansion. Retrieved from https://www.insidermedia.com/news/south-west/multifunctional-clothing-ranges-eyes-global-expansion.

White, R. (n.d.). Wanita Karir adalah Wanita yang Luar Biasa. Retrieved from https://www.raywhite.co.id/news/152944wanita-karir-adalah-wanita-yang-luar-biasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.