PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL UNTUK MENCEGAH TOXIC BEHAVIOUR PADA GAME ONLINE

Yehezkiel Michael Kantono(1*), Hendian Yudani(2), I Gusti Ngurah Wirawan(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perilaku toxic dalam game online merupakan perilaku negatif dalam bentuk cyberbullying, kecurangan (cheating), pelecehan (harassment), dan lainnya. Hal ini tidak dapat dihilangkan dan terus menjadi sesuatu yang ada dalam komunitas permainan online secara konsisten. Bagaimanapun, upaya untuk mencegah perilaku ini cenderung sangat pasif dan sedikit. Tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara kerja perilaku ini, dampak buruk yang diakibatkan, serta cara untuk menanggapi perilaku ini dengan tepat. Berdasarkan kesimpulan tersebut, perancangan yang akan dilakukan meliputi perancangan kampanye sosial mengenai perilaku toxic dalam game online. Perancangan kampanye ini berupa beragam poster digital yang disebarkan melalui media sosial, merchandise, dan video pendek. Diharapkan perancangan kampanye sosial ini dapat membantu memberikan ulasan yang informatif bagi masyarakat mengenai dampak toxic behaviour dalam permainan online serta bagaimana cara mencegahnya.

Keywords


perilaku toxic, game online, kampanye sosial, media sosial

Full Text:

PDF

References


Kwak, H. (2014). Understanding toxic behavior in online games.

Suler, J. (2004). The online disinhibition effect. CyberPsychology & Behavior, 7(3), 321- 326.

Shores, K. B., He, Y., Swanenburg, K. L., Kraut, R., & Riedl, J. (2014). The identification of deviance and its impact on retention in a multiplayer game. Proceedings of the 17th ACM Conference on Computer Supported Cooperative Work & Social Computing, 1356-1365.

Sánchez, J.L.G., Vela, F.L.G., Simarro, F.M., & Padilla-Zea, N. (2012). Playability: Analysing User Experience in Video Games.

Survey Penetrasi Pengguna Internet. (2017).

Retrieved from www.apjii.or.id

Toxic behaviour in online gaming. Is it necessary? (2018). Retrieved from https://hybrid.co.id/post/toxic-behavior-in-online-gaming-is-it-necessary

Toxic Definition. (n.d.). Retrieved from

https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Toxic

The psychology of online gaming toxicity. (2019). Retrieved from https://massivelyop.com/2019/01/11/ for-science-the-psychology-of-online-gaming-toxicity-fanpersonism-and-gamer-identity/

Pertiwi, W. K. (2019). “Hampir Setengah Penduduk Bumi Sudah "Melek" Media Sosial". Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2019/07/20/16370017/hampir-setengah-penduduk-bumi-sudah-melek-media-sosial

Yossarian. (2018). "ESL confirms cheating during ESL India Premiership Finals". Retrieved from https://liquipedia.net/counterstrike/Forsaken#cite_ref


Refbacks

  • There are currently no refbacks.