PERANCANGAN STRATEGI BRANDING PRODUK FASHION WARP BERBAHAN DASAR LIMBAH PLASTIK

Gabrielle Agatha Harianto(1*), Maria Nala Damajanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Warp merupakan  sebuah organisasi non-profit yang peduli lingkungan. Warp mengolah limbah plastik yang ada menjadi benda-benda cantik. Melihat potensi itu, pemilik Warp ingin membuat sebuah brand baru untuk mengkomersilkan produk buatannya, khususnya produk fashion tas wanita. Hingga saat ini belum banyak yang mengetahui tentang produk yang dihasilkan oleh Warp karena tidak mempunyai identitas dan strategi yang jelas. Perancangan yang dilakukan adalah perancangan strategi branding yang jelas untuk menonjolkan identitas brand baru milik Warp sesuai dengan target audience-nya. Perancangan strategi branding ini meliputi riset, penentuan Brand Essence dan Brand Naming hingga pengaplikasian media seperti packaging, stationary, katalog, merchandise, dan lain-lain. Diharapkan dengan adanya perancangan branding ini dapat membantu membangun Brand Komersil baru milik Warp dan dapat dikenal serta bersaing di tengah persaingan pasar yang ketat.


Keywords


Warp Surabaya; Precious Plastic; Limbah Plastik; Branding; Brand; Strategi; Logo; Kemasan; Peduli Lingkungan; Kemasan

Full Text:

PDF

References


Clifton, R. & Simmons, J. (2003). Brands and Branding, Great Britain : Creative Print and Design.

Gelder, S. V. (2005). Global Brand Strategy. London: Kogan Page

Guide for the Whole Branding Team. Hoboken, New Jersery : John Wiley & sons, Inc.

Kasali, R. (2001). Membidik Pasar Indonesia Segmenting, Targeting dan Positioning. Jakarta: Gramedia

Keller, Kevin Lane (2003). Strategic Brand Management : Building, Measuring & Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall, Pearson Education.

Keller, K.L (2008). Strategic brand management (3rded). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Kotler, Keller. (2007). Manajemen pemasaran (12thed.) jilid 1. (Benyamin Molan). Jakarta: Pt. Indeks

Kho, Christoper dan Meishyell Loembie. (2013). The Fashion Bible for Man. Jakarta: PT GRAMEDIA (hal10)).

Neumier, Marty (2006). The Brand Gap. United State of America: Aiga.

Setiawan, Samhis. (2019). Pengertian Daur Ulang, Jenis dan serta Contohnya (https://www.gurupendidikan.co.id/daur-ulang/)

Sachari, Agus. (2007). Budaya Visual Indonesia: Membaca Makna perkembangan Gaya Visual Karya Desain. Jakarta: Erlangga.

Saptarini, Dian, et al. Menjelajah Mangrove Surabaya. Surabaya : Pusat Studo Kelautan LPPM ITS, 2012.

Tjahjono,G. (2003). Understanding brand, Jakarta: imago (ERIC Document Reproduction Service).

Wexfix, Tim. (2017). Branding itu Dipraktekin. Jakarta: Gramedia

Wheeler, Alina. (2009). Desiging Brand Identity : An Essential


Refbacks

  • There are currently no refbacks.