Perancangan Kemasan dan Promosi Produk Liangtju Pattiserie

Vivin Angeline(1*), Prayanto Widyo Harsanto(2), Rebecca Milka Natalia Basuki(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan ini dilakukan karena kemasan Liangtju Patisserie kurang aman dan perlu diperbarui. Maka dari itu perlu merancang kemasan yang sesuai dan aman untuk produk Liangtju Patisserie maupun bagi pelanggan yang menerima produk Liangtju Patisserie serta menjadi media promosi itu sendiri sehingga membuat masyarakat lebih mengenal akan produk Liangtju Patisserie. Analisis data yang digunakan dalam perancangan ini adalah Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities dan Threats) baik itu dari Liangtju Patisserie itu sendiri maupun kompetitor, Analisis Kategori Produk Liangtju Patisserie, Analisis Kompetitor dan Analisis Fitur Kemasan menggunakan metode VIEW (Visibility, Information, Emotional Appeal dan Workability). Hasil perancangannya adalah Liangtju Patisserie memiliki kemasan yang sesuai dengan produknya dan kemasan menjadi media promosi itu sendiri.


Keywords


Kemasan, Promosi, Liangtju Patisserie

Full Text:

PDF

References


Adams, S. (2008). Master of design: Logos and identity. Massachusetts:

Rockport Publishers, Inc.

Faridah, A., Pada, K. S., Yulastri, A., & Yusuf, L. (2008). Patiseri: Untuk SMK. Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(1), 92–103. https://doi.org/10.9744/NIRMANA.2.2.

Gustomo, W. (2015). Perancangan kemasan cupcake Serein Cake & Co. (TA No. 00022646/DKV/2015). Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra.

Harminingtyas, R. (2013). Analisis fungsi kemasan produk melalui model view dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk rokok kretek merek Dji Sam Soe di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 5(2), 1–18. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/133338-ID-analisis-fungsi-kemasan-produk-melalui-m.pdf

Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2007). Desain kemasan : Perencanaan merek produk yang berhasil mulai dari konsep sampai penjualan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. & Keller, L.P. (2006). Manajemen pemasaran. Jilid 1 (12th ed). Jakarta: PT Indeks.

Jonathan. (2019). Pengertian promosi adalah: Arti, tujuan, jenis, dan contoh promosi. Retrieved February 17, 2020, from Maxmanroe.com website: https://www.maxmanroe.com/pengertian-promosi.html

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181–191. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251

Membedakan pastry dengan bakery. (2013, May). OpenRice Indonesia. Retrieved from https://id.openrice.com/id/surabaya/article/membedakan-pastry-dengan-bakery-a1582

Rustan, S. (2009). Mendesain logo. Jakarta: PT. Gramedia.

Wirya, I. (1999). Kemasan yang menjual : Menang bersaing melalui kemasan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.