Perancangan Media Pendukung Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing
(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) adalah salah satu program pelatihan dan pendampingan untuk penutur asing dalam rangka peningkatkan fungsi bahasa negara sebagai bahasa internasional. Pembelajaran BIPA pada umumnya menggunakan media utama buku paket Sahabatku Indonesia yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, sayangnya masih memiliki banyak kekurangan yang belum dibahas. Salah satu dari kekurangannya adalah buku itu dirasa terlalu sulit bagi penutur asing yang belum pernah belajar Bahasa Indonesia sebelumnya. Tujuan perancangan media pembelajaran pendukung ini untuk membantu pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di tingkat awal dengan cara fokus dalam aspek kosakata Bahasa Indonesia agar penutur asing dapat lebih familiar dengan kosakata bahasa Indonesia agar lebih mudah melanjutkan belajar ke tahap selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adryansyah, (2012, June 25). PROFIL BIPA BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN BAHASA. Retrieved January 20, 2020 from http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/info_bipa
Darmasiswa Scholarship Program. (n.d.). Darmasiswa. Retrieved January 29, 2020 from https://darmasiswa.kemdikbud.go.id/about-us-2/
Ebbinghaus, H. (1885/1913). Memory: A Contribution to Experimental Psychology. Retrieved from http://psychclassics.yorku.ca/Ebbinghaus/index.htm
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Ramliyana, R. (2018). Design of the board of environmental series and time to improve skills to speak BIPA students. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 120-126.
Sagar-Fenton, B. & McNeill, L. (2018). How many words do you need to speak a language? BBC. Retrieved from https://www.bbc.com/news/world-44569277
Smolen, P., Zhang, Y., & Byrne, J. H. (2016). The right time to learn: mechanisms and optimization of spaced learning. Nature Reviews Neuroscience, 17(2), 77.
Sugino, S. (1995). Pendekatan Komunikatif-Integratif-Tematis dalam Pengembangan Bahan dan
Metodologi Pengajaran BIPA di Indonesia. Kongres BIPA 1995 Fakultas Sastra Universitas
Indonesia Jakarta.
What Are Brand Archetypes? (n.d.) The Hartford. Retrieved April 3, 2020 from https://www.thehartford.com/business-insurance/strategy/brand-archetypes/what-are-brand-archetypes
Wojowasito, S. (1976). Perkembangan Ilmu Bahasa (Linguistik) Abad 20. Bandung: Shinta Dharma.
Wozniak, P. (1999). Supermemo. Retrieved April 3, 2020 from https://www.supermemo.com/en/archives1990-2015/articles/20rules
Refbacks
- There are currently no refbacks.