Perancangan Kemasan Makanan Pie Lumpur "Pesona Bakery" Sebagai Oleh-Oleh khas Sidoarjo

Seruni Desfa Maharani(1*), Hendro Aryanto(2), Bernadette Dian Arini Maer(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pie Lumpur dari Pesona Bakery merupakan produk baru yang ingin dijadikan sebagai oleh-oleh khas Sidoarjo oleh produsen. Pie Lumpur adalah jajanan yang mirip dengan Pie Susu dari Bali, namun yang membedakan adalah isian/filling yang digunakan adalah adonan dari kue lumpur khas Sidoarjo. Kemasan yang digunakan belum memenuhi kriteria kemasan secara fungsional, sehingga ide untuk menjadikan Pie Lumpur oleh-oleh khas Sidoarjo belum bisa diterapkan jika menggunakan kemasan yang lama. Perancangan Desain Kemasan Produk Makanan Pie Lumpur “Pesona Bakery” Sebagai Oleh-Oleh Khas Sidoarjo selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas desain kemasan, juga ingin meningkatkan brand awareness sehingga dapat memiliki nilai tambah untuk bersaing dengan oleh-oleh khas Sidoarjo lainnya.


Keywords


Desain kemasan, Pie Lumpur, oleh-oleh, Sidoarjo, jajanan

Full Text:

PDF

References


Cenadi, Suharto, C., 2000. Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. NIRMANA 2(1), 92 – 103.

Ivana, M., 2000. Perancangan kemasan take away depot hok lay Malang. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=38369

Kotler dan Keller, 2009. Manajemen pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Lingo, J., 2018. Perancangan branding “PETIK” sebagai perhiasan perak dengan motif khas tegal. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=42014

Marikxon, (n.d.). 6 bisnis UKM/usaha kecil menengah yang menguntungkan Indonesia. Retrieved from https://www.maxmanroe.com/usaha-kecil-menengah.html

Rosner, Klimchuk, M., dan Krasovec, S., 2007. Desain kemasan. Jakarta: Erlangga.

Wirya, I., 1999. Kemasan yang menjual, menang bersaing melalui kemasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.