PERANCANGAN STRATEGI BRANDING TEH HERBAL PRODUKSI “SWARNA” YOGYAKARTA

Alexandra Nadia Pramestya(1*), Hendro Aryanto(2), Bernadette Dian Arini Maer(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Teh Herbal (tisane) merupakan salah satu jenis minuman yang sudah ada sejak lama dan masih populer di Indonesia hingga saat ini. Swarna merupakan perusahaan asal Sleman, Yogyakarta yang memproduksi teh herbal celup. Mereka mengalami penurunan penjualan dan salah satu penyebabnya adalah Target Audience (TA) mereka yang belum spesifik. Ini membuat positioning brand menjadi belum jelas dan membuat brand kesulitan untuk membangun brand awareness. Maka, dibuatlah perancangan strategi branding yang diawali dari riset TA menggunakan analisis insight dan menggunakan metode SWOT strategy untuk melihat kelebihan Swarna dibandingkan dengan kompetitornya. Implementasi dari analisis tersebut dirancang sesuai dengan TA, sehingga dapat menciptakan brand awareness Swarna terhadap TA mereka.


Keywords


Strategi Branding, Swarna, Brand Positioning, Teh Herbal Sleman, Brand Awareness

Full Text:

PDF

References


Kasilo, D. (2008). Komunikasi Cinta: Menembus G-Spot Konsumen Indonesia. In D. Kasilo, Komunikasi Cinta: Menembus G-Spot Konsumen Indonesia (pp. 23-24). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2012). Packaging design : successful product branding from concept to shelf (2nd ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing. In P. Kotler, & G. Armstrong, Principles of Marketing, twelfth edition (12th ed., p. 211). New Jersey: Pearson Education Inc.

Markus, H.R., Kitayama, S., & Heiman, R.J. (1996). Culture and basic psycological principles. Dalam E.T. Higgins & A.W. Kruglanski (Eds.), Social psychology: Handbook of basic principals. New York: The Guilford Press.

Maulina, R. (2019, November 1). Desain Produk Berperan Penting untuk Menarik Minat Konsumen. Retrieved Februari 5, 2020, from Jurnal by Mekari: https://www.jurnal.id/id/blog/desain-produk-berperan-menarik-minat/

Mozota, B. B. (2003). Design management: using design to build brand value and corporate innovation. In B. B. Mozota, Design management: using design to build brand value and corporate innovation (p. 2002). New York: Allworth Press.

Somantri, R. (2014). The Story in A Cup of Tea. Jakarta: TransMedia Pustaka.

The Hartford, T. (2019, August 1). Bussiness Owner Playbook. Retrieved March 17, 2020, from Brand Archetypes & How They Can Help Your Business: https://www.thehartford.com/business-insurance/strategy/brand-archetypes/choosing-brand-archetype

Wheeler, A. (2013). Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team. In A. Wheeler, Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team (pp. 2-7). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.