Perancangan Media Kampanye Sosial Tentang Bahaya Pemanasan Global dengan Pendekatan Rasa Takut.

Jeremia Julio Oentarto(1*), Petrus Gogor Bangsa(2), Aniendya Christianna(3),


(1) UK. Petra
(2) UK. Petra
(3) UK. Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemanasan global masih menjadi masalah lingkungan yang sering diabaikan. Pengabaian ini disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai dampak nyata pemanasan global. Perancangan kampanye sosial ini menyajikan visualisasi di masa depan yang rusak akibat pemanasan global. Tujuan perancangan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya pemanasan global. Kesadaran masyarakat diharapkan timbul melalui pendekatan rasa takut pada visualisasi. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode analisis kualitatif dimana dilakukan suatu riset yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian untuk mendukung visualisasi yang akan dibuat. Teknik digital imaging digunakan untuk mendukung visualisasi yang terlihat nyata di masa depan.


Keywords


Kampanye sosial, pemanasan global, digital imaging, pendekatan rasa takut

Full Text:

PDF

References


Adiyoso, W. (2020, Januari 06). Banjir besar di Jakarta awal 2020. Retrieved from The Conversation: https://theconversation.com/banjir-besar-di-jakarta-awal-2020-penyebab-dan-saatnya-mitigasi-bencana-secara-radikal-129324

Eriyanto, E., & I., Z. (2017). Kampanye Bahaya Rokok dan Pendekatan Rasa Takut {Fear Appeal}. Retrieved from Jurnal ASPIKOM: http:// jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/ article/view/140

Ika, A. (2018, 03 19). Konsumsi Kertas Dunia Naik, Saham Bubur Kertas Semakin Menjanjikan. Retrieved from Kompasnia.com: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/19/142751526/konsumsi-kertas-dunia-naik-saham-bubur-kertas-semakin-menjanjikan?page=all

Kim, C. M. (2016). Social Media Campaigns. New York: Routledge.

Marshall, G. (2014). Dont even think about it : why our brains are wired to ignore climate change. London: Bloomsbury.

Perloff, R. (2010). The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in the 21st Century. Fourth Edition. London: Routledge.

Reddi, C. N. (2009). Effective Public Relations and Media Strategy. New Delhi: PHI Learning Private Limited.

Salim, E. (2010). Ratusan bangsa merusak satu bumi. Jakarta: Kompas.

Setiap Tahun, Hutan Indonesia Hilang 684.000 Hektar. (2016, 08 30). Retrieved from Kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2016/08/30/15362721/setiap.tahun.hutan.indonesia.hilang.684.000.hektar

Surbakti, R. (2006). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Universitas Gajah mada. (2019, November 21). Ratusan Pakar Lingkungan Hidup Dunia Konferensi perubahan Iklim di UGM. Retrieved from Universitas Gajah Mada: https://ugm.ac.id/id/berita/18753-ratusan-pakar-lingkungan-hidup-dunia-ikuti-konferensi-perubahan-iklim-di-ugm

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Venus, A. (2012). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wardhana, W. A. (2010). Dampak Pemanasan Global. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Witte, K. (1993). Message and Conceptual Confounds in Fear Appeals . In The Role of Threat, Fear, and Efficacy (pp. 147-155). The Southern Communication Journal.

Witte, K. (1993). Message and Conceptual Confounds in Fear Appeals . The Role of Threat, Fear, and Efficacy, 147-155.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.