Perancangan Media Virtual Reality Sebagai Penciptaan Pengalaman Imersif Sejarah 10 November Dalam Peristiwa Perobekan Bendera Belanda di Atas Hotel Yamato

Nicholas Sebastian(1*), Erandaru Erandaru(2), Jacky Cahyadi(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran sejarah, khususnya pada sejarah 10 November dalam peristiwa perobekan bendera di atas Hotel Yamato, dengan materi berupa buku dan gambar telah menjauhkan generasi milenial akan ilmu sejarah. Oleh karena itu, perancangan teknologi VR experience “Perobekan Bendera Belanda Hotel Yamato” merupakan game yang dirancang agar generasi milenial, khususnya mereka yang berusia 17-30 tahun, dapat melihat suasana mencekam pada saat perang. Dengan adanya virtual reality experience tentang perobekan bendera di Hotel Yamato, maka generasi milenial dapat mempelajari ilmu kesejarahan dengan pengalaman berbeda.

Keywords


desain; virtual reality; pengalaman imersif; 10 November; perobekan Bendera Belanda Hotel Yamato;

Full Text:

PDF

References


Fadillah, N. A. (2018). Sejarah hari pahlawan, dari penyobekan bendera hingga pertempuran di surabaya. Retrieved from http://disdik.jabarprov.go.id/news/636/sejarah-hari-pahlawan%2C-dari-penyobekan-bendera-hingga-pertempuran-di-surabaya

Hu, F., Lu, J., & Zhang, T. (2016). Virtual reality enhanced robotic systems for disability rehabilitation. Retreived from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=iNJYCwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=virtual+Reality+Enhanced+Robotic+Systems+for+Disability+Rehabilitation.&ots=4nYufLjdos&sig=JDz-YfXZEH-1wezRslQPJtAHAyU&redir_esc=y#v=onepage&q=virtual%20Reality%20Enhanced%20Robotic%20Systems%20for%20Disability%20Rehabilitation.&f=false

Kolenda, N. (2016). The Psychology of Color. Retrieved from http://www.nickkolenda.com/pdf/color-psychology.pdf

Ricklefs. 1998. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riyanto, B. (2005). Gaya indies: Gaya desain grafis indonesia tempo doeloe. Nirmana, 7, 138. Retrieved from http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/16519/16511

Roedavan, R. (2014). Unity: Tutorial game engine. Bandung, Indonesia : Informatika

Sherman, W. R., Craig, A. B. (2003). Understanding virtual reality: Interface application and design. San Francisco, California: Morgan Kaufmann Publishing.

Wahyudi, D. T., & Kasuma, G. (2014). Perang revolusi di surabaya dan keterlibatan karsono agustus-november 1945. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-verledendb521b12ccfull.pdf

Winaldy, R. N., Harsanto, P. W., & Natalia Basuki, R. M. (2016). Perancangan media pendukung pembelajaran sejarah dengan infografis digital, 1. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/4460/4087

Yantahin, M., & Suhartono. (2018). Penguatan kemampuan guru dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan virtual reality. Prosiding seminar nasional lembaga pengabdian kepada masyarakat universitas negeri makassar, 676-677. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/8100/5376

Yuna. (2019, Maret 4). Museum virtual reality Majapahit oleh bakti budaya Djarum Foundation. Retrieved from MonsterAR: https://monsterar.net/2019/03/04/museum-virtual-reality-di-indonesia/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.