PERANCANGAN KAMPANYE “RUKUN” RUMAH KEBUN ORGANIK DENGAN LAHAN TERBATAS DI SURABAYA

ANDRE PRASTYA DHARMA(1*), Baskoro Suryo Banindro(2), Yusuf Hendra Yulianto(3),


(1) UK Petra
(2) Institus Seni Indonesia
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan kampanye sosial ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat perkotaan di Surabaya yang memiliki rumah dengan lahan terbatas untuk memanfaatkannya menjadi sebuah kebun organik. Kebun biasanya terletak di daerah dataran rendah, dataran sedang dan dataran tinggi dengan lahan yang luas. Pertumbuhan manusia yang pesat membuat terjadinya pembangunan secara masif, yang berakibat pada berkurangnya lahan hijau. Sehingga dalam perancangan ini dikomunikasikan solusi yang dapat menyalurkan kreatifitas dalam memanfaatkan lahan terbatas menjadi sebuah kebuh organik yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Keywords


Kampanye Sosial;Berkebun di Kota;Lahan Terbatas;Ruang Terbuka Hijau

References


Ade. (2019, April 15). Mengenal Jenis Tanaman Pangan dan Hortikultura. Flora. Retrieved 2020, February 12, from https://www. whimsyandwise.com

Adrian, K. (2018, August 20). Seputar Urban Farming dan Cara Melakukannya. Hidup Sehat. Retrieved 2020, March 22, from https://www.alodokter.com/

Armando,A., Sarwono, B.K., Triputra, P., Irwansyah. (Eds.). (2011). Membumikan Ilmu Komunikasi di Indonesia. Depok : Puskakom Press.

Badan Pusat Statistik. (2018). Luas Lahan Sawah Irigasi dan Non Irigasi Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Pengairan di Provinsi Jawa Timur (Ha), 2013- 2017. Retrieved February 18, 2020, from https://jatim.bps.go.id/statictable/2018/10/31/1351/luas-lahan-sawah-irigasidan- non-irigasi-menurut--kabupaten-kota-dan-jenis-pengairan-di-rovinsijawa-timur-ha-2013-2017.html

Bulelengkab.go.id. (2015). Sejarah Pertanian Organik. Retrieved November 15, 2019, from dari https://www.bulelengkab.go.id/detail/artikel/sejarahpertanian-organik-23/

Cangara, Hafied. (2009). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Dekoruma, K. (2019, February 27). Mengenal Urban Farming, Konsep Pertanian Kota untuk Masa Depan. Gardening. Retrieved 2019, Desember 27, from https://www.dekoruma.com

Indonesia. Bank Dunia. (2011). Perkembangan, Pemicu dan Dampak Harga Komoditas: Implikasinya terhadap Perekonomian Indonesia. Jakarta : Kantor Bank Dunia Jakarta. Indonesia.

Kementrian Pertanian Republik Indonesia.(n.d.). “Kementan programkan pertanian perkotaan”. Retrieved 12 November, 2019, from https://www.pertanian.go.id/

Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Lane, W.R., King, K.W., & Russel, J.T., (2005). Kleppner’s Advertising Procedure 16th ed. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Liliweri, Alo. (1992). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung : PT Citra Aditya BaktI.

Najiyati, S., Muslihat, L., Suryadiputra, I.N.N. (2005). Panduan Pengelolaan Lahan Gambut untuk Pertanian Berkelanjutan. Bogor : Wetlands International.

Nimmo, Dan. (2011). Komunikasi Politik : Khalayak dan Efek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nursiwan, Taqim. (2007). Buku Panduan Mengelola Sampah Rumah Tangga Dengan Prinsip 4R. Pekanbaru: Kementrian Lingkungan Hidup RI.

Setiawan, S. (2019, September 11). Struktur Morfologi Pada Akar Tumbuhan Dalam Biologi. Biologi. Retrieved 2020, March 11, from https:// https://www.gurupendidikan.co.id/akar-tumbuhan/

Soetrisno, Loekman. (2002). Paradigma Baru Pembangunan Pertanian : Sebuah Tinjauan Sosiologis. Yogyakarta : Kanisius.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif : Konsep, Prinsip, dan Operasionalnya. Tulungagung : Akademia Pustaka.

Wells, W., Burnett, J., & Moriarty, S. (1995). Advertising : Principles and Practice 3th Ed. Englewood Cliffs : Prentice Hall.

Widyatama, Rendra. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.