Perancangan Corporate Identity "Budalan Tour & Cafe" di Kota Surabaya

Jalson Ray Sutedjo(1*), Ahmad Adib(2), Ani Wijayanti Suhartono(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Budalan Tour & Cafe merupakan sebuah perusahaan yang menggabungkan antara usaha pariwisata dengan kafe. Produk dan jasa yang ditawarkan meliputi perjalanan wisata, baik dalam maupun luar Kota Surabaya dan menjual aneka makanan khas dari beberapa daerah di Indonesia. Usaha ini dilatarbelakangi dari banyaknya ketidaktahuan target audience yang berasal dari luar kota Surabaya terkait tempat wisata apa saja yang ada di sekitar Kota Surabaya. Selain pariwisata, target audience juga ingin berwisata kuliner namun waktu dan biaya mereka yang mereka miliki terbatas. Berdasarkan permasalahan di atas, maka diperlukan perancangan corporate identity agar terlihat meyakinkan dan profesional.  Perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan awareness serta meningkatkan bisnis Budalan Tour & Café sehingga mereka mampu bersaing dengan para kompetitor.


Keywords


tour; kafe; pariwisata; Surabaya; identitas perusahaan

Full Text:

PDF

References


Cenadi, Christine S. (1998). Corporate identity, sejarah dan aplikasinya. Jurnal Nirmana 1(2), 71-78.

Kasali, Rhenald. (2017). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasi Di Indonesia. Jakarta: Grafiti.

Kotler, Philip & Keller, Kevin L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Boston: Pearson Education

Kotler, Philip & Keller, Kevin L. (2018). “Manajemen Pemasaran, 13th Edition”. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, Ade I. (2019, Juni 25). Survei : 86 Persen Orang Indonesia Lebih Suka Traveling di Dalam Negeri, Retrieved February 2, 2020, from https://www.suara.com/lifestyle/2019/06/25/154621/survei-86-persen-orang-indonesia-lebih-suka-traveling-di-dalam-negeri

Lestari, Sri H. (2019, Juni 13). Hampir Didominasi Anak Muda, Usaha Restoran dan Kafe Kuartal I di Jatim Tumbuh 20 Persen, Retrieved February 5, 2020, from https://surabaya.tribunnews.com/2019/06/13/hampir-didominasi-anak-muda-usaha-restoran-dan-kafe-kuartal-i-di-jatim-tumbuh-20-persen.

Napoles, Veronica (1988). Corporate Identity Design. New York: Van Nostrand Reinhold.

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Simatupang, Tasya. (2018, Februari 28). Milenial Adalah Raja Piknik di Indonesia. Retrieved February 2, 2020, from https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/milenial-adalah-raja-piknik-di-indonesia

Utami, Novia W. (2018, Desember 6). Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif untuk Anda Lakukan, Retrieved February 5, 2020, from https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-bisnis-kafe-yang-paling-efektif-untuk-anda-lakukan/.

Widiarini, Anissa D. (2019, April 26). "Pariwisata Berkembang Pesat, Arief Yahya Dinobatkan Jadi Menteri Berprestasi", Retrieved February 17, 2020, from https://travel.kompas.com/read/2019/04/26/165100627/pariwisata-berkembang-pesat-arief-yahya-dinobatkan-jadi-menteri-berprestasi?page=all.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.