Perancangan Rebranding Produk Fashion Ecoprint Reramban

Calvin Christianto Gosal(1*), Hendro Ariyanto(2), Bernadette Dian Arini Maer(3),


(1) UK. PETRA
(2) UK. PETRA
(3) UK. PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Reramban merupakan sebuah brand fashion berjenis ecoprint asal Malang, Jawa Timur milik Ibu Evi Kurniawati. Produk Reramban menggunakan teknik ecoprint yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Produk ecoprint Reramban digemari oleh ibu-ibu dengan kepercayaan tertentu, namun semakin berkembangnya jaman, Reramban ingin bisa meraih target anak muda di kota Surabaya. Brand Reramban sendiri masih belum dikenal di Surabaya, apalagi oleh target yang mereka inginkan, yaitu anak muda. Maka dari itu dilakukan rebranding dengan tujuan agar brand Reramban dapat dikenal dan terlihat menarik dimata anak muda. Rebranding meliputi perancangan identitas visual, fotografi produk dan promosi di media sosial. Diharapkan dari rebranding ini, Reramban dapat meraih brand awareness dan bisa meraih target audience yang mereka inginkan.

Keywords


Reramban; ecoprint; fashion ecoprint; rebranding; brand identity

Full Text:

PDF

References


Barnard, M. (2014). Fashion theory : an introduction. New York: Routledge.

CNBC Indonesia. (2019, July 14). Gairah industri fashion Indonesia. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190712155341-35-84555/gairah-industri-fashion-indonesia

Fletcher, K. (2007, June 1). Slow fashion. Retrieved from https://theecologist.org/2007/jun/01/slow-fashion

Irianingsih, N. (2018). Yuk membuat ECO PRINT motif kain dari daun dan bunga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasilo, D. (2008). Komunikasi cinta : Menembus G-Spot konsumen Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Keller, K. L. (2008). Brand Planning eArticle. Shoulders of Giants, 6-8.

Kertajaya, H. (2004). Positioning, diferensiasi, dan brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Muzellec, L., & Lambkin, M. (2006). Corporate rebranding : destroying, transferring, or creating brand equity. European Journal of Marketing, Vol. 40 Iss 7/8 pp. 804 - 824.

Muzellec, L., Doogan, M., & Lambkin, M. (2003). Corporate rebranding - an exploratory

Review. Irish Marketing Review, 16 (2) Pp. 36-37.

Ries, A., & Trout, J. (2001). Positioning : the battle for your mind. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Rustan, S. (2013). Mendesain logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahyudi, A. (2018, 8 14). Encity.co. Retrieved from https://www.enciety.co/produk-ecoprint-kain-kagunan-diminati-wali-kota-risma/

Wheeler, A. (2013). Designing brand identity : An essential guide for the whole branding team fourth edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.