PERANCANGAN BUSANA READY TO WEAR SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI BAGI PEREMPUAN PENDERITA KANKER

Brigitta Sumardi(1*), Maria Nala Damajanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan ini dibuat sebagai media untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi perempuan penderita dan penyintas kanker yang mengalami perubahan fisik pasca pengobatan melalui media busana sebagai media utama, dan diberlakukan branding serta penambahan media pendukung yang sesui, efisien, dan efektif. Perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan kemawasan akan pentingnya mencintai diri apa adanya, terutama bagi perempuan penderita atau penyintas kanker.

Keywords


mode; kampanye; media promosi

Full Text:

PDF

References


Barnard, M. (2011). Fashion sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Calderin, J. (2013). The Fashion Design Reference & Specification Book: Everything Fashion Designers Need to Know Every Day. Gloucester: Rockport Publishers Inc.

Can G, Demir M, Erol O, Aydiner A (2013). A comparison of men and women's experiences of chemotherapy-induced alopecia. European Journal of Oncology Nursing. Retrieved from www.ejoncologynursing.com/article/S14623889(12)000579/fulltext

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2019). Hari Kanker Sedunia 2019. Retrieved from https://www.depkes.go.id/article/view/19020100003/harikanker- sedunia-2019.html

Nazaruddin, M. & Masduki (2008). Media, Jurnalisme, dan Budaya Populer. Yogyakarta: UI Press.

Spade, J. Z & Valentine, C.G. (2010). The Kaleidoscope of Gender: Prisms, Patterns and Possibilities. SAGE Publications, Inc.

Tiggeman, M. & Zaccardo, M. (2016). Strong is The New Skinny: A Content Analysis of #fitspiration on Instagram. Journal of Health Psychology. 23. 10.1177/1359105316639436.

University of Iowa Hospitals & Clinics (2018). Lymphedema. Retrieved from https://uihc.org/health-topics/lymphedema>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.