PERANCANGAN KOLEKSI FASHION STORYTELLING TENTANG PENGEMBANGAN KARAKTER REMAJA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT

Anastasia Benita Siswanto(1*), Maria Nala Damajanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


SDM muda Indonesia banyak dikomplain oleh perusahaan karena tidak profesional dan tidak dapat berkolaborasi. Dalam hal itu, Mendikbud ingin memfokuskan pada pendidikan karakter anak untuk membangun generasi muda yang lebih baik. Perancangan ini bertujuan mendukung Mendikbud dalam mengembangkan karakter remaja dengan mengenali kepribadian dirinya melalui kegiatan social experiment dan dengan menciptakan suatu karya fashion storytelling. Social experiment yang menggunakan metode art therapy dalam perancangan ini dapat membantu remaja untuk semakin mengenal diri, bebas mengekspresikan diri dan belajar berkolaborasi. Sedangkan karya fashion storytelling dalam perancangan ini bertujuan untuk membantu menambah kepercayaan diri anak muda dalam mengekspresikan diri sehingga dapat menjadi pribadi yang optimal.

Keywords


Kampanye Komersial, Fashion Storytelling, Social Experiment, Pendidikan Karakter Remaja, Kepribadian Introvert dan Ekstrovert.

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2011). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Barnard, Malcolm. (2011). Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Buchalter, Susan I. (2009). Art Therapy Techniques and Applications. London and Philadelphia: Jessica Kingsley Publishers.

Denning, S. (2004). Telling Tales. Harvard Business Review.

Devito, Joseph A. (2012). The Interpersonal Communication Book (13th Edition). NYC: Longmman.

Kusmiadi, A. dkk. (2008). Strategi Pembelajaran PAUD Melalui Metode Dongeng Bagi Pendidik PAUD. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF.

Malchiodi, Cathy, A. (2003). Handbook of Art Therapy. New York: Guilford Press.

Mary D. Troxell, and Elaine Stone. (1981). Fashion Merchandising. University of Wisconsin. Madison: Gregg Division, McGraw-Hill.

Pervin, Lawrence A. (1993). Personality: Theory and research. New York: The Guilford Press.

Sarwono S. W. (1995). Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Team, BoF. (2016, Mei). BoF and Disney on The Power of Storytelling in Fashion. Retrieved from Business of Fashion: https://www.businessoffashion.com/articles/sponsored-feature/business-of-fashion-and-disney-on-the-power-of-storytelling.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.