Perancangan Digital Branding Produk Fashion Batik Calist

Shanti Kasmaji(1*), Maria Nala Damajanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Calist adalah produk fashion batik yang diproduksi oleh Mhanz Garmen. Dikarenakan beberapa kendala dalam sistem B2B, Calist memutuskan untuk menjual produknya secara eceran atau B2C. Dengan kondisi Calist, penjualan B2C yang memungkinkan adalah melalui e-commerce­. Akan tetapi karena sengitnya persaingan penjualan produk fashion batik maka Calist memerlukan identitas yang kuat sehingga dapat tampil berbeda dan bersaing dengan produk batik lainnya. Perancangan ini menggunakan metode analisa SWOT untuk membedakan produk dengan kompetitornya, kemudian pengumpulan data secara kualitatif untuk menemukan insight dari target audiens Calist dalam mencari, membeli dan menggunakan pakaian batik. Hasil perancangan ini berupa brand identity dan serangkaian strategi media digital untuk membangun identitas merek dengan objektif awareness berdasarkan data yang diperoleh dari target audiens. Diharapkan dari perancangan strategi digital branding ini dapat membantu Calist dalam membangun identitas dan memperluas brand awareness.

 


Keywords


Calist, Batik, Digital Branding Strategy, Brand Identity, E-commerce

Full Text:

PDF

References


Kasilo, D. (2008). Komunikasi cinta: menembus g-spot konsumen indonesia. Kepustakaan Populer Gramedia.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2009). Marketing management. Pearson Prentice Hall.

Kenton, W. (2019, May 20). Bussiness to consumer (B2C). Retrieved March 7, 2020, from Investopedia.com: https://www.investopedia.com/terms/b/btoc.asp

Rowles, D. (2018). Digital branding: a complete step-by-step guide to strategy,tactics,tools and measurement. New York: Kogan Page Ltd.

Zharandont, P. (2015). Pengaruh warna bagi suatu produk dan psikologis manusia. Retrieved April 1, 2020, from s3.amazonaws: https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/40771209/JURNAL_ERGONOMI_PATRYCIA_Z.pdf?response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DJURNAL_ERGONOMI_PATRYCIA_Z.pdf&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=ASIATUSBJ6BAJY6U24BY%2F20200331%2F


Refbacks

  • There are currently no refbacks.