PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK TOKO KUE KERING “DEWI” SEMARANG

Devina Florencia Budiman(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Vanessa Yusuf(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Toko Kue Kering Dewi merupakan bisnis turun temurun keluarga yang menjual berbagai macam kue kering dan sus kering dengan berbagai macam varian rasa yang jarang ditemui. Sampai saat ini kemasan Kue Kering Dewi belum menunjukkan logo yang konsisten, belum adanya informasi pada kemasan, dan kemasan belum melindungi isi produk dengan baik. Oleh karena itu, dalam perancangan ini akan dibuat kemasan yang dapat melindungi isi produk di dalamnya serta dapat menggambarkan citra merek Toko Kue Kering Dewi dan terdapat informasi yang lengkap. Perancangan ini menggunakan metode analisis yaitu VIEW dan SWOT. Pada akhirnya Toko Kue Kering Dewi dapat bersaing dengan kompetitor yang ada serta terciptanya kepercanyaan masyarakat.


Keywords


Toko Kue Kering Dewi, Kue Kering, Sus Kering, Logo, Kemasan, Citra Merek

Full Text:

PDF

References


Amalia. (2020, Februari 20). Toko Kue Kering Dewi. (D. Florencia, pewawancara)

Astawan, M. (2009). Sehat dengan Hidangan Kacang dan Biji-bijian. Jakarta: Penebar Swadaya.

Harminingtyas, R. (2013). Analisis Fungsi Kemasan Produksi melalui Model View dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Rokok Kretek Merek Dji Sam Soe di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang. 5(2): 1-18.

Julianti,S. (2014). The Art of Packaging. Jakarta: Gramedia.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2019). Retrieved from

https://kemenperin.go.id/artikel/20298/Industri-Makanan-dan-Minuman-Jadi-Sektor-Kampiun-

Klimchuk, M & Krasovec, S. A. (2006). Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P ., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Trans. Revyani Sjahrial dan Dyah Anikasari. Jakarta:Penerbit Erlangga. (TA No. 00021831/DKV/2011). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Simamora, Bilson. (2007). Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Wijayanti, Titik. (2012). Marketing Plan! dalam Bisnis Second Edition. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual : Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.