PERANCANGAN FOTOGRAFI FASHION SEBAGAI PENDUKUNG MEDIA PROMOSI DARI “KATRA”

Widya Karina(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Vanessa Yusuf(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Katra adalah sebuah clothing brand yang menjual produk pakaian siap pakai modern. Katra hadir sebagai brand pakaian baru yang memanfaatkan batik Surabaya. Produk Katra berupa setelan atasan non batik dan bawahan batik. Batik yang digunakan oleh katra berupa batik tulis dan cap yang dibeli dari pengerajin batik asli Surabaya. Sayangnya, Katra adalah brand baru yang belum dikenal masyarakat dan pamor dari batik Surabaya sendiri masih sangat kurang. Sehingga dibutuhkan media yang dapat membantu memberikan gambaran pasti dan menarik yang disesuaikan dengan target audience dari Katra. Maka, dibuat perancangan fotografi fashion dengan tema from vintage to modern yang dikhususkan untuk koleksi wiwitan yaitu koleksi pertama yang mewakili awal perjalanan dari brand Katra. Fotografi fashion dapat membantu menaikkan image Katra ke masyarakat secara efektif dan luas. Selain itu dengan naiknya minat masyarakat terhadap produk Katra secara otomatis juga dapat menaikkan eksistensi dari batik Surabaya yang selama ini kurang dikenal masyarakat, terkhusus untuk golongan dewasa muda yang merupakan target dari Katra. Analisis data menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan SWOT.

Keywords


Batik Surabaya; Fashion; Fotografi; Fotografi Fashion

Full Text:

PDF

References


Alwi, H. (2007). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Anggiasinta, K. (2019) 9 hal yang perlu diperhatikan brand fashion agar sukses di masa depan versi mary meeker. Retrived from http://gabstergfc.com/9-hal-yang-perlu-diperhatikan-brand-fashion-agar-sukses-di-masa-depan/.

Anshori, Y., & Kusrianto, A. (2011). Jalan-jalan: Surabaya enaknya ke mana?. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Djumhana, N. (2019). Permintaan batik lebak canting meningkat. Retrived from https://www.kabar-banten.com/permintaan-batik-lebak-chanting-pradana-meningkat/.

Fitinline. (2013). Batik Surabaya. Retrived 20 Maret 2020 from https://fitinline.com/article/read/batik-surabaya/.

Purwaningsih, E. (2013). Batik banyuwangi motif dan perkembangannya. Jurnal Patrawidya, 14(4), 717-744.

Rachman, F. F. (2017). Punya pasar di RI, batik tak kalah saing dengan pakaian impor. Retrived from https://finance.detik.com/industri/d-3666557/punya-pasar-di-ri-batik-tak-kalah-saing-dengan-pakaian-impor.

Shinkle, E. (2008). Fashion as photograph: Viewing and reviewing images of fashion. London: I.B. Tauris & Co Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.