Perancangan Media Interaktif Pembelajaran Mengenai Sistem Pencernaan Sebagai Media Edukasi Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Rainer Adi Junior(1*), Heru Dwi Waluyanto(2), Asnar Zacky(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan ini dibuat karena ada masalah yang terjadi ketika siswa mempelajari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikarenakan kurangnya alat peraga, kurang pemahaman, dan bahasa yang masih sulit dipahami. Tujuan dari perancangan buku cerita bergambar interaktif ini adalah agar siswa dapat belajar dengan lebih baik menggunakan media yang lebih sederhana. Perancangan buku cerita bergambar ini mengangkat tema sistem pencernaan dimulai dari masuknya makanan, sampai dibuang dari tubuh. Teknik yang digunakan adalah menggambar manual di atas kertas, kemudian proses outline dan pewarnaan dilakukan secara digital menggunakan program Clip Studio Paint, lalu diselesaikan dengan menambahkan tekstur pada gambar.


Keywords


Buku Cerita Bergambar; Ilmu Pengetahuan Alam; Sistem Pencernaan; Siswa Kelas V SD

Full Text:

PDF

References


Astri, F. (2016). Memunculkan Daya Tarik Pelajaran Sains. Diunduh 2 Februari 2020 dari https://pgsd.binus.ac.id/2016/06/29/memunculkan-daya-tarik-pelajaran-sains/

Awang, I. S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 108-122.

Backes, L. (2014). Understanding Children’s Book Genres, Part One. Diunduh 2 Februari 2020 dari https://writeforkids.org/2014/02/understanding-childrens-book-genres/

Fontsc.com. (n.d.). Children Books Font. Diunduh 2 Februari 2020 dari https://www.fontsc.com/font/tag/childrens-books

Graphic Institute. (2014). Types of Grid System Useful for Layout Making by Graphic Designer. Diunduh 6 Februari 2020 dari https://www.graphic-design-institute.com/blogs/types-grid-system-useful-layout-making.

Hendra Adipta, M. M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar. Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 989—992.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diunduh 5 Februari 2020 dari kbbi.web.id: kbbi.web.id

Lailatul, F. (2014). Pemahaman Mata Pelajaran IPA Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dengan Menggunakan Alat Peraga Alamiah Pada Siswa Kelas IV Min Jambangan Kota Surabaya. Diunduh 13 Februari 2020 dari http://digilib.uinsby.ac.id/3821/

Lestari, P. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Pada Tema Peristiwa Dengan Menggunakan Buku Cerita Bergambar di Perpustakaan SD Negeri 04 Getas Kaloran Temanggung. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW. Diunduh 13 Februari 2020 dari https://repository.uksw.edu/handle/123456789/1055

McCannon, D., Thornton, S., & Williams, Y. (2008). The Encyclopedia of Writing and Illustrating Children’s Books. United States: Running Press Book Publishers.

Mitchel, D. (2003). Children’s Literature an Imitation to the Word. Michigan: Michigan State University.

Nisak, R. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Blood Steps Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Peredaran Darah Siswa Kelas V SDN Banjarejo I Bojonegoro. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1042.

Nuryadin, A. (2015). Pentingnya Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Diunduh 2 Februari 2020 dari https://www.kompasiana.com/adin8118/54f90eb1a33311f8478b49aa/pentingnya-pembelajaran-ipa-di-sekolah-dasar

Nurlianah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, Vol. 1 (No.1).

Pavlova, I. (2018). Children Book Illustrations : Breathtaking Examples for Inspiration. Diunduh 15 Februari 2020 dari https://graphicmama.com/blog/children-book-illustrations-examples-for-inspiration/.

Print Kertas & Buku. (n.d.). In Printku. Diunduh 10 Mei 2020 dari https://www.printku.co.id/kategori/print-kertas-buku

Sistem Pencernaan pada Manusia (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5). (2018). Diunduh 3 Februari 2020 dari https://www.aanwijzing.com/2018/10/sistem-pencernaan-pada-manusia.html

Subadi. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Melalui Model. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 12.

Cho, Y.S., Lee, Y.H., (2008). WHY? FOOD AND NUTRITION MAKANAN DAN NUTRISI. Jakarta: PT Gramedia.proposal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.