ANALISA FAKTOR KEPUASAN PENGHUNI APARTEMEN MENENGAH BAWAH DI SURABAYA

Kevin Harsono

Abstract


Maraknya apartemen di Surabaya tidak dapat dipisahkan dari keterbatasan lahan, serta harga landed house yang semakin meningkat. Akibatnya, pengembang harus menyusun strategi untuk mendapatkan minat beli konsumen. Untuk memenangkan persaingan, pengembang harus memberikan kepuasan kepada konsumen, baik dengan pelayanan, maupun dari konsep hunian. Proyek dapat dikatakan berhasil apabila produk yang dihasilkan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi dari konsumen. Kepuasan penghuni didapat apabila harapan penghuni sama dengan kenyataan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi kepuasan. Terdapat 4 faktor yang diuji dalam penelitian ini, yaitu aksesibilitas, desain bangunan, pemeliharaan dan operasional, serta kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukan terdapat kesenjangan antara tingkat kepentingan dan kepuasan penghuni, sehingga kepuasan penghuni belum tercapai. Selain itu tidak terjadi perbedaan yang signifikan antara kepuasan penghuni terhadap lama menghuni. Faktor yang memerlukan perhatian khusus adalah pemeliharaan dan operasional, dimana terdapat gap antara tingkat kepuasan dan kepentingan. Strategi kombinasi ekspansi dan stabilitas diperlukan untuk meningkatkan kepuasan penghuni.

Keywords


kepuasan penghuni, faktor-faktor, apartemen menengah – bawah, strategi

Full Text:

PDF

References


Hadi, A. V. K. dan Hardi, J. (2015). Faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan penghuni terhadap desain bangunan dan sarana prasarana di perumahan Bojong Menteng Indah. (Thesis, Universitas Mercubuana, 2015) Retrieved December 15, 2016 from http://modul.mercubuana.ac.id

Haryanto, R. A. (2013). Strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran mcdonalds Manado. Jurnal EMBA, 1 (4), 1465-1473.

Lara, T. dan Bekker, M. C. (2012). Resident satisfaction as a project quality measure: the case of nova vida housing project, Angola. Journal of Contemporary Management, 9, 364-381.

Prasojo, W. dan Frida, N. (2014). Analisis tingkat kepuasan penghuni pada hunian rumah susun ditinjau terhadap kualitas bangunan di wilayah Surabaya. Rekayasa Teknik Sipil, 3 (1). Retrieved September 13, 2016, from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Sari, Y. M. (2007). Evaluasi kepuasan penghuni terhadap atribut produk perumahan telaga golf di Sawangan, Depok. (Thesis, Universitas Instutut Pertanian Bogor, 2007) Retrieved November 1, 2016 from http://repository.ipb.ac.id

Sutanto, J. A. (2008). Pengaruh service quality dan percieved value terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen apartment di kota Surabaya. Majalah Ekonomi, 18(3), 286-301.

Wardani, M. K., Kwanda, T., Raharjo, J. (2001). Analisis kepuasan penghuni perumahan sederhana di Denpasar bedasarkan faktor lokasi, prasarana, sarana, kualitras bangunan, desain, dan harga. Dimensi Teknik Arsitektur, 29 (2), 117 – 125.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :