FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT CALON PEMBELI APARTEMEN MENENGAH – BAWAH DI SURABAYA

Tommy Prayogo(1*),


(1) Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini masyarakat Surabaya sudah tidak asing dengan adanya pembangunan apartemen. Dikala melimpahnya jumlah suplai unit apartemen, terjadi kelesuan dalam segi penjualan yang disebabkan oleh tekanan ekonomi Indonesia. Maka dari itu pengembang membutuhkan strategi pemasaran yang tepat disaat perlambatan laju perekonomian Indonesia. Kunci dari keberhasilan penjualan adalah dengan memenuhi apa yang diharapkan dan diinginkan oleh calon pembeli. Penelitian ini mengeksplorasi 6 faktor yang dirasa berpengaruh terhadap minat calon pembeli apartemen menengah – bawah di Surabaya yaitu faktor harga, lokasi, fisik bangunan, fasilitas, lingkungan dan promosi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hanya faktor harga dan faktor lokasi yang berpengaruh signifikan terhadap minat calon pembeli apartemen menengah – bawah di Surabaya. Faktor harga merupakan faktor yang paling mempengaruhi minat calon pembeli apartemen menengah – bawah di Surabaya

Keywords


harga, lokasi, fisik bangunan, fasilitas, lingkungan, promosi, minat beli, apartemen menengah - bawah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyani P. Diah, Ilhamdaniah, & Indra K. D. N. (2012). “Preferensi Konsumen Apartemen di Kota Bandung.” Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2012, 41-44.

Colliers International Indonesia. (2017). “Colliers half year report: Surabaya apartment H2 2016.” (February 18, 2017)

Dewri, L. V., Amin, M. M., Sen, M. S., & Faridi, R. (2012). “A Comprehensive Study on The Real Estate Sector of Bangladesh.” Real Estate and Housing Association of Bangladesh, 1-83.

Islam, M. S. (2012). “Factors Determining The Real Estate Company’s Performance in Bangladesh: Evidence from Adept Consultants Ltd. Company.” Internship Report, Independent University of Bangladesh, Bangladesh,

Kamal, M., & Pramanik, S. A. K. (2015). “Customers’ Intention towards Purchasing Apartment in Dhaka City, Bangladesh: Offering an Alternative Buying Intention Model.” European Journal of Business and Management, Vol.7, No.35.

Kamal, M., & Pramanik, S. A. K. (2015). “Factors Affecting Customers to Buy Apartments in Dhaka City.” Daffodil International University Journal of Business and Economics, 9 (2), 37-49.

Khoiruddin, M. (2010). Trik Membeli Rumah dan Apartemen untuk Hunian dan Investasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kinnear, T. & Taylor, J. (2003). Riset Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Manivannan, P., & Somasundaram, R. (2014). “Purchase of Residential Flats - Factors Influencing the Decision of Buyers in Selected Cities in Tamil Nadu.“ International Research Journal of Business and Management, Vol.7, 67-73.

Mollah, M. M. H., Haque, I., & Pasha, S. H. A. (2009). “Factors Influencing Apartment Buying Decision: An Analysis of Company and Customer.” Southeast University Journal of Business Studies, Vol.2, 109-117.

Savitri, E., Ignatius, M., Budihardjo, A., Anwar, I., Rahwidyasa, V. (2007). Indonesian Apartment: Design Concept Lifestyle. Jakarta: PT. Griya Asri Prima

Widarti, P. (2016). “Apartemen Surabaya 2017, Banyak Proyek Baru Segmen Menengah,” (December 2, 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :