EVALUASI ALUR KERJA DAN KOORDINASI FASE TENDER PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DI SURABAYA (STUDI KASUS PADA PT. X SURABAYA)

Yayak Surya Candra(1*),


(1) Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kompleksitas pada tender proyek, menuntut kontraktor untuk dapat mengantisipasinya dengan meningkatkan akurasi dan perhitungan penawaran yang realistis karena jika penawaran terlalu tinggi akan kalah dan apabila terlalu rendah akan menang namun mengalami kerugian. Dalam menghasilkan estimasi biaya penawaran tender yang baik, dibutuhkan alur kerja dan koordinasi yang baik. Penelitian ini bertujuan membuat evaluasi terhadap alur kerja dan koordinasi pada PT. X, menggunakan metode studi kasus dan data yang diperoleh bersumber dari data dokumentasi, observasi dan wawancara.

Hasil evaluasi yang didapat, pada fase persiapan kegiatan tender yaitu melibatkan PM saat review dokumen tender, membuat skedul tender, membuat ceklist saat survey lokasi dan memastikan kelengkapannya. Pada fase kegiatan penyusunan dokumen teknis, divisi estimasi biaya dan divisi operasional diupayakan selalu berkoordinasi dalam membuat metode kerja, dan diupayakan berkoordinasi dengan subkon owner saat tender dan klarifikasi, dan pada fase kegiatan penyusunan dokumen komersial, diupayakan untuk meningkatkan kompetensi personil baik hard skill dan soft skill

Keywords


estimasi biaya, akurasi estimasi biaya, alur kerja dan koordinasi.

Full Text:

PDF

References


American Association of Cost Engineering (AACE) (1992). Skills and Knowledge of Cost Engineering, 3rd Edition, ACE, West Virginia.

Akintoye, A., & Fitzgerald, E. (2000). A Survey of Current Cost Estimating Practice in The UK. Construction Management and Economics, 18, 161-172.

Asiyanto (2012). Metode Konstruksi Gedung Bertingkat. UI - Press. Jakarta.

Candra, Y. S. (2017). Evaluasi Sistem Estimasi Biaya Proyek pada Perusahaan Kontraktor di Surabaya (Studi Kasus Pada PT. X Surabaya). (Thesis No. 01000237/MTS/2017). Unpublished master thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Clough, Richard, Sears, Glenn & Keoki. (2000). Construction Project Management. John Wiley & Son. New York.

GAO (2007). Cost Assessment Guide: Best Practices For Estimating And Managing Program Costs, GAO-07-1134SP. July. 2007. Washington, D.C.

Humphreys, K.K (1991). Jelen's Cost And Optimization Engineering. McGraw Hill, Inc, 363-376. Singapore.

Latief, Yusuf (2009). Proses Pelelangan. Departemen Teknik Sipil UI. Depok.

Means, Robert S. (1990). Means Estimating Handbook. RS Means Company, America.

Project Management Institute. (2013). A Guide to the Project Management Body of Knowledge PMBOK Guide Fifth Edition. Project Management Institute, Pensylvania.

Ritz, G.J. (1994). Total Construction Project Management. McGraw Hill, Inc, New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :