ANALISA PENGARUH BUDAYA DAN SOSIAL TERHADAP NIAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN RUMAH PADA PERUMAHAN MEWAH DI MAKASSAR

Arnold Phengkarsa(1*),


(1) Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan di kota Makassar, untuk mengetahui faktor-faktor internal yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli rumah. Penelitian sebelumnya lebih banyak meneliti tentang faktor eksternal (harga, lokasi, desain, dll) dibanding faktor internal. Faktor-faktor internal yang diteliti terhadap niat konsumen membeli rumah di kawasan perumahan mewah adalah faktor budaya dan sosial. Faktor budaya terbagi atas faktor power distance dan faktor individualism-collectivism. Faktor sosial terbagi atas pengaruh pasangan, pengaruh anak, pengaruh orang tua, dan pengaruh teman. Analisa hasil penelitian dari 204 sampel ini menyebutkan faktor power distance, individualism-collectivism, dan pengaruh anak adalah faktor-faktor yang signifikan terhadap niat pembelian rumah di kawasan perumahan mewah Makassar. Di sisi lainnya pengaruh pasangan hidup, orang tua, dan teman tidak mempunyai korelasi.

Keywords


power distance,individualism-collectivism, pengaruh pasangan, pengaruh anak, pengaruh orang tua, pengaruh teman, dan niat pembelian.

Full Text:

PDF

References


Angdika, S. (2008). Faktor Utama yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Membeli Rumah di Puri Mas Regency. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Ginanjar, Y. (2009). Analisa Korelasi Persepsi Penghuni terhadap Feng Shui Rumah Tinggal di Citraland Berkaitan dengan Aspek Fisik, Lokasi, dan Aksesbilitas. Unpublished undergraduate thesis. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., and Anderson, R.E. (2010). Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall.

Indonesia. (2011). Undang-Undang tentang Perumahan dan Pemukiman. Sekretariat Negara, Jakarta.

Khabiri, N., Shomali, S.M., Razeghi, P., and Darvishvand, J.M. (2012). “Influential Factors in Luxury Apparel Purchase Intention among Irianan Customers.” Journal of Basic and Applied Scientific Reseach, Vol.2, No. 12, 670-680.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Keempatbelas. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Jilid 2, Jakarta.

Moon, J., Chadee, D., and Tikoo, S. (2004). Culture, Product Type, and Price Influences on Consumer Purchase Intention to Buy Personalized Products Online. Hanyang University, Anyang.

Primananda, A. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Rumah. Universitas Diponegoro, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :