ANALISIS UNSAFE ACT DAN UNSAFE CONDITION PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG X

Filbert Chance Gondosiswanto(1*),


(1) Magister Teknik Sipil
(*) Corresponding Author

Abstract


Kecelakaan kerja sangatlah rawan terjadi pada sebuah proyek konstruksi dan dapat mengakibatkan kerugian berupa kerusakan pada material maupun peralatan. Kecelakaan kerja yang timbul biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu tindakan tidak aman yang dilakukan oleh pekerja (unsafe act) dan kondisi fisik atau lokasi proyek yang tidak aman (unsafe condition). Pada penelitian ini akan dilakukan analisis dan evaluasi tentang tindakan tidak aman (unsafe act) dan kondisi tidak aman (unsafe condition) pada proyek pembangunan gedung X.

Faktor perlengkapan pelindung tubuh dan penggunaan peralatan kerja mendapatkan nilai rata-rata terburuk yaitu -1. Setelah didapatkan hasil tersebut, dilakukan penekanan akan pentingnya pelatihan keselamatan. Penekanan pada pelatihan pekerja menghasilan peningkatan yang cukup baik dari nilai -1 pada proyek hotel maupun soho untuk faktor perlengkapan pelindung tubuh meningkat menjadi 0.69 untuk hotel dan 0.68 untuk soho, untuk faktor penggunaan perlengkapan kerja dari rating -1 untuk hotel dan soho meningkat menjadi 0.56 untuk hotel dan 0.64 untuk soho.


Keywords


unsafe act, unsafe condition, kecelakaan kerja, proyek konstruksi.

Full Text:

PDF

References


Salem, O, dkk. 2007. A Behaviour-Sased Safety Approach for Construction Projects. Proceedings IGLC-15. 261-270. http://iglc.net/conferences/2007/folder.2007-06-29.2095743756

Suma’mur. (1989). Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Cetakan Keempat. CV. Haji Mas Agung., Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :