Potret Penerapan Perencanaan dan Pengendalian Jadwal Proyek pada Suatu Kontraktor BUMN

Desi Widyastuti(1*),


(1) Magister Teknik Sipil
(*) Corresponding Author

Abstract


Penjadwalan proyek sangat berpengaruh untuk penentuan hasil dari suatu proyek. Proyek yang dapat diselesaikan tepat waktu akan memberikan dampak yang yang sangat besar salah satu efisiensi dari segi biaya sehingga perlu dibuat dan dijaga dengan baik. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan potret penerapan perencanaan dan pengendalian jadwal proyek pada suatu kontraktor BUMN. Penelitian ini menggunakan kuisioner dan wawancara untuk mendapatkan data dan diolah menggunakan analisa deskriptif.

Data penelitian didapatkan dari 11 (sebelas) respoden dengan 8 (delapan) proyek yang berbeda. Perencanaan jadwal proyek pada kontraktor ini sudah mempertimbangkan banyak faktor. Kontraktor ini hanya menerapkan bar chart pada penggunaan jadwal konstruksi. Monitoring jadwal pada kontraktor ini sudah dipantau secara berkala namun untuk pembaharuan jadwal masih belum dilaksanakan.


Keywords


project schedule, contractor, application, planning

Full Text:

PDF

References


Divakar, K., Subramanian, K. (2009). Critical success factors in the real-time monitoring of construction projects. Research Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology I(2):35-39.

Lawler et al. (1993). Sequencing and scheduling : algorithms and complexity, Handbooks in OR and MS Vol. 4

Setiawan, F. (2012). Penjadwalan proyek. Retrieved July 25, 2016, from https://farmysetiawan.wordpress.com/2012/04/07/penjadwalan-proyek

Project Management Institute (2000). A guide to the project management body of knowledge. Pennsylvania : Author

Rosso, L. (2005). Project planning and scheduling. Camegie Mellon

Willy et al. (1999). Project scheduling under uncertainty survey and research potential. European Journal of Operational Research 4th Edition


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :