Keunggulan Delivery dan Quality Melalui Implementasi Supply Chain Management pada PT. Surya Putra Barutama

Kevin Djunaidi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu upaya untuk menghadapi persaingan di era globalisasi adalah dengan mengembangkan sistem produksi yang efektif dan efisien. Delivery dan Quality menjadi faktor penting untuk meraih keunggulan bersaing. Perusahaan yang bisa memenuhi standar delivery dan quality akan memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan implementasi supply chain management pada PT Surya Putra Barutama dan merancang supply chain mangement untuk mencapai delivery on time dan quality product pada PT Surya Putra Barutama.

Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor penentu keberhasilan implementasi supply chain management pada PT Surya Putra Barutama terdiri dari strategic supplier partnership, customer relationship marketing, information quality, internal lean practices, dan structural iniative. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan seven tools dapat diketahui implementasi supply chain mangement untuk mencapai delivery on time dan quality product pada PT Surya Putra Barutama adalah dengan membuat schedule pengiriman dan melakukan pengecekan pada mesin kendaraan sebelum dikirimkan ke pelanggan. Sedangkan untuk qualirty product maka PT Surya Putra Barutama perlu menjalin kerjasama dengan pemasok untuk memecahkan masalah bersama terutama terkait dengan komposisi bahan yang tidak sesuai

 

Kata Kunci: Delivery, Quality, Supply Chain Management, Seven tools


Full Text:

PDF

References


Afidah, Honny N. (2013). Keefektifan Pelaksanaan Mekanisme Komplain Dalam Pelayanan di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publi, Volume 1, Nomor 1, Januari 2013

Baldwin, J. R., & Yan, B. (2012). Market Expansion and Productivity Growth: Do New Domestic Markets Matter as Much as New International Markets? Publication Review Committe Analysis Branch, Statistic Canada.

Bangun, Wilson. (2008). Budaya Organisasi: Dampaknya Pada Peningkatan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Manajemen, Vol.8, No.1, November 2008.

Bungin. Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group

De Toni, A. & Nassimbeni, G. (2000). Just in Time Purchasing: An Empirical Study of Operational Practice, Supplier Development and Performance. Omega, 28 (6): 631-651

Dilworth, James B. (2000). Operating Management : Providing Value in Goods and

Services. 3rd Edition. Orlando : The Dryen Press Harcourt College.

Heizer, Jay and Render, Barry. (2000), Operation Management, 6th edition, New Jersey:

Prentice-Hall Inc.

Indrajit, Richardus Eko dan Djokopranoto. (2003). Konsep Manajemen Supply Chain :Strategi Mengelola Manajemen Rantai Pasokan Bagi Perusahaan Modern diIndonesia, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Kalakota, Ravi dan Marcia Robinson. (2001). e-Business 2.0 : Roadmap for Succes.

Addison -Wasley Pearson Education, Canada.

Lambert, D. M. (2008). Supply chain management: processes, partnerships,

performance, Florida: Supply Chain Management Institute

Lin, C. T., Chen, C. B., and Ting, Y. C., (2011) An ERP Model for Supplier Selection in Electronics Industry, An International Journal Expert Systems with Applications. 38, 2011, pp. 1760–1765.

Lin, F., Huang, S., & Lin, S. (2002). Effects of Information Sharing on Supply Chain Performance in Electronic Commerse. IEEE Transaction on Engineering Management, 49 (3): 258 – 268

Mentzer, J. T., Dewitt, W., Keebler, J. S., Min, S., Nix, N. W., Smith, C. D. & Zacharia, Z. G. (2001). Defining supply chain management. Journal of Business Logistics, 22, 1-25

Miguel, Priscila Laczynski de Souza., Brito, Luiz Artur Ledur. (2011). Supply Chain Management measurement and its influence on Operational Performance. Journal of Operations and Supply Chain Management 4 (2), pp 56 – 70.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Prihastono, Endro. (2012). Pengukuran Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Customer Service Berbasis Web. Dinamika Teknik, Vol. VI, No. 1. Januari 2012, Hal 14 – 24

Shin, H., Collier, D. A., & Wilson, D. D. (2000). Supply Management Orientation and Supplier/Buyer Performance. Journal of Operation Management, 18 (3): 317-333

Sidarto. (2008). Analisis Strategi Supply Chain Management Pada Proses Manufacture. Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi 2008 – IST AKPRIND Yogyakarta.

Stock, G. N., Greis, N. P., & Kasarda, J. D. (2000). Entreprise Logistics and Supply Chain Structure: The Role of Fit. Journal of Operations Management, 18 (5): 531-547.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta

Suharto, Regina., Devie. (2013). Analisa Pengaruh Supply Chain Management terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review. Vol. 1. No 2, 2013.

Watanabe, R. (2001). Supply Chain Management : Konsep dan Teknologi. Usahawan No.2/Th.XXX

Wullur, Magdalena. (2008). Supply Chain Management Practices, E-Business Technologies, dan Kinerja Operasional Berpengaruh Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Bersertifikat ISO 9000 di Indoneisa). Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume , Nomor 3, Agustus 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.